• News

  • Bisnis

Gelontorkan Rp80 Miliar, Kemenhub Benahi 40 Terminal Tahun 2018

Gedung Kemenhub
Setkab
Gedung Kemenhub

JAKARTA, NNC - Kenyamanan masyarakat menjadi perhatian Pemerintah pada tahun 2018 mendatang, termasuk yang menggunakan moda transportasi seperti bus.

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus berupaya meningkatkan kualitas terminal bus dalam negeri yang nantinya mampu membuat masyarakat semakin nyaman menggunakan bus.

Untuk itu, tahun depan, Kemenhub bakal benahi 40 terminal di seluruh Indonesia.

"Kami mau mengejar ketertinggalan dari teman-teman kereta api dan udara, 2018 kami akan lakukan pembenahan untuk 40 terminal dimana masing-masing terminal sekitar Rp2 miliar akan kami siapkan. Sekitar 2019 bisa kita selesaikan," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, Kamis (14/12).

Budi menjelaskan program pembenahan terminal sudah dilakukan sejak tahun ini, Desember 2017 tercatat sudah ada 10 terminal yang telah diperbaiki. 

"Mulai 2017. Dari sekian terminal sekitar 10 terminal yang sudah kita lakukan perbaikan dan pembenahan. Salah satunya di Tirtonadi di Solo. Itu akan menjadi pilot project kami. Kami tingkatkan betul," kata dia.

Selain peningkatan kualitas terminal, pihaknya juga akan sedang mendorong penggunaan e-ticket bagi para penumpang bus. Ada pun program ini direncanakan akan diluncurkan pada Januari 2018. 

"Dalam waktu dekat, sudah dilakukan tapi belum masif e-ticket untuk penumpang kendaraan bus," jelas Budi.

Diharapkan dengan adanya e-ticket ini, masyarakat pengguna moda transportasi bus akan semakin mudah dan nyaman. 

"Jadi nantinya masyarakat yang akan menggunakan bus tidak usah ke terminal ditarik-tarik oleh calo untuk naik ke Sinar Jaya, untuk naik ke Lorena, tapi sudah bisa beli (tiket) di Indomaret, beli di Alfamart, atau di aplikasi," tandasnya.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin