• News

  • Bisnis

Pemerintah Ingin Terapkan Sistem Pembelian Tiket Bus Online

Pemudik  di Terminal Bus.
Breakingnews
Pemudik di Terminal Bus.

JAKARTA, NNC - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berencana untuk menerapkan sistem pembelian tiket secara online untuk angkutan penumpang bus. Dengan diberlakukannya pembelian tiket online tersebut diharapkan akan memudahkan penumpang dalam memperoleh informasi yang akurat terkait ketersediaan bus yang diinginkan.

"Bus adalah salah satu angkutan yang sangat diminati, tapi hambatannya adalah sistem pembayaran tiket yang tidak online. Sehingga, ada keraguan masyarakat apakah bus tersebut masih tersedia atau tidak. Oleh karenanya kami akan terapkan sistem ticketing online agar pengguna bus bisa mudah mendapatkan tiket," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat melakukan peninjauan arus balik di Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur, Selasa (19/6/2018).

Menurutnya, sejalan dengan rencana pengembangan sistem beli tiket bus online ini, peningkatan mutu dan kualitas kendaraan angkutan turut menjadi perhatian pihaknya. Kualitas bus dan juga pelayanan yang baik diharapkan mampu mendorong minat penumpang untuk lebih memilih bus ketimbang kendaraan pribadi dalam perjalanannya. 

"Oleh karenanya saya mengajak seluruh Perusahaan Otobus untuk meningkatkan dan mengembangkan diri dan kita tata untuk pemesanan tiketnya," imbuhnya dalam keterangan resmi yang dirilis Kemenhub, Selasa ini.

Ia juga mengungkapkan bahwa pada lebaran tahun ini terjadi penurunan pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Sebaliknya, terjadi peningkatan pada pengguna transportasi umum. 

"Tercatat, kenaikan angkutan bus sebesar 15 persen, angkutan udara juga 15 persen, angkutan kereta api sebesar 5 persen, dan angkutan kapal sebesar 5 sampai 10 persen," ujarnya.

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Nazaruli