• News

  • Bisnis

Mudik Gratis Bakal Dievaluasi oleh Kementerian Perhubungan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
NNC/Anhar Rizki Affandi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JAKARTA, NNC - Pelaksaan mudik gratis tahun 2018 ini bakal dievaluasi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi Karya mengatakan, evaluasi dilakukan untuk melihat seberapa besar peningkatan yang terjadi pada mudik tahun ini, terutama pada moda-moda transportasi.

"Evaluasinya tentu kita melihat ada suatu pergerakan-pergerakan tertentu yang meningkat dan menurun. Kabar gembira adalah kecenderungan masyarakat yang menggunakan angkutan massal itu meningkat paling tidak 10 persen. Kereta api, pesawat, kapal meningkat," kata Budi Karya Sumadi, Sabtu (23/6/2018).

Budi Karya mengatakan, dengan adanya mudik gratis yang dilakukan oleh sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan angkutan massal akan semakin baik.

"Oleh karenanya kita harus meningkatkan kapasitas angkutan masal tersebut agar ini menjadi pilihan masyarakat caranya harus atraktif harus memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui mudik gratis," jelasnya.

" Kementerian Perhubungan akan meningkatkan 2 sampai 3 kali lipat dari evaluasi yang kita lakukan para pemudik happy sekali rata-rata mereka pengguna sepeda motor, menggunakan motor itu capek sekali dan juga menantang bahaya itu akan kita lakukan intensif," sambungnya.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah mengenai prasarana yang sudah diberikan oleh pemerintah dalam mudik tahun ini. Salah satunya adalah penyediaan rest area. 

"Kedua berkaitan dengan prasarana, prasarana yang ada pasti sudah bagus, ada dua yang kita lakukan bahwa kantung-kantung rest area, kantung parkir kita tambahkan dengan baik," tandasnya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin