• News

  • Bisnis

Dikritik Soal Transparansi Anggaran Bansos, Ini Jawaban Menkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Istimewa
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, NNC - Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah kalau anggaran program bantuan sosial ( bansos) sudah diberikan informasi detail terkait kenaikan serta asal dana yang diberikan kepada masyarakat. 

Sebelumnya, Anggota DPR fraksi Gerindra mengkritik pemerintah tidak transparan dalam memberikan informasi terkait adanya kenaikan anggaran Bansos. 

"Di dalam medsos Kementerian Keuangan, kami selalu mengatakan ini uang kita, ini uang rakyat. Kami malah sudah lebih dulu. Menurut saya, PKH, Bansos segala macam itu sudah lama," ujarnya saat di komplek Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Selain itu, kata dia target dari masyarakat yang diberikan bantuan sudah sesuai dengan kriteria yang selama ini dipakai secara konsisten dari pemerintah ke pemerintah selanjutnya. Saya enggak perlu terlalu khawatir terhadap hal itu

"Semua partai kan menginginkan untuk mengurangi kemiskinan, itu konsisten kami lakukan. Memperbaiki kinerja ekonomi, itu kami lakukan juga. Hati-hati dan waspada, itu juga kami lakukan. Jadi, sesuai," tuturnya. 

Seperti diketahui, Pemerintah Jokowi-JK menaikkan dana bantuan sosial terutama anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi Rp 34,4 triliun di 2019 dari sebelumnya Rp 17 triliun di 2018.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Widita Fembrian