• News

  • Bisnis

Pahlawan ATC Bandara Palu Bakal jadi Nama Sekolah Binaan Kemenhub

Anthonius Gunawan Agung, petugas ATC bandara Palu jadi korban gempa Palu
RadarBox24
Anthonius Gunawan Agung, petugas ATC bandara Palu jadi korban gempa Palu

JAKARTA, NNC - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bakal memberikan penghargaan khusus kepada Anthonius Gunawan Agung, petugas Air Traffic Control (ATC) Airnav Indonesia yang jadi korban bencana Sulawesi Tengah.

Ia jadi korban bencana saat tengah memandu penerbangan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6231 dari Bandara Mutiara Al Jufri, Palu.

Pesawat sukses take off, namun tragis, menara ATC tempatnya bertugas roboh diguncang gempa. Ia meninggal sebelum memperoleh perawatan yang lebih intensif akibat evakuasi segera sulit dilakukan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, nama pahlawan ATC ini akan dijadikan nama sekolah yang dimiliki Kementerian Perhubungan di Makassar.

"Kalau untuk nama bandara saya tidak bisa pastikan, tapi kalau nama sekolah saya bisa pastikan," kata Budi Karya di Kementerian Keuangan, Jumat (5/10/2018) di Jakarta.

Ia menambahkan, rencana ini membutuhkan prosedur dan persetujuan berbagai pihak, salah satunya dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan.H.P