• News

  • Bisnis

Lewat Indo Premier Sekuritas, Buka Rekening Efek Selesai 1 Jam

Grand launching digitalisasi pembukaan rekening efek.
NNC/Irawan Hadi Prayitno
Grand launching digitalisasi pembukaan rekening efek.

JAKARTA, NNC - PT Indo Premier Sekuritas bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk menyederhanakan proses pembukaan rekening efek saham dan reksa dana secara full digital, tanpa memerlukan tanda tangan basah calon investor. Terobosan ini dapat signifikan menghemat waktu proses buka rekening dari beberapa jadi 1 jam saja.

"Ini semudah seperti pengalaman nasabah saat mendaftarkan diri di situs e-commerce untuk berbelanja," kata Moleonoto The, President Director PT Indo Premier Sekuritas di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, calon investor cukup melakukan registrasi secara digital dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi IPOTGO dan IPOTPAY milik IndoPremier, memasukkan nomor e-KTP,  mengunggah foto diri dengan memegang e-KTP dan foto spesimen tanda tangan.

Dalam waktu kurang dari satu jam, nasabah akan mendapatkan rekening efek sebagai rekening transaksi, sub rekening efek (SRE) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification) serta rekening dana nasabah (RDN) yang dibukakan di Permata Bank sebagai bank RDN terdaftar untuk rekening penampungan dana.

“Terobosan ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan jumlah investor baru secara signifikan, karena permasalahan utama yang menjadi keluhan calon investor yang ingin bertransaksi efek sudah bisa diatasi,” katanya.

Bank Permata dalam layanan ini bertindak sebagai penyedia rekening dana nasabah (RDN), karena terobosan teknologi yang diadopsi PermataBank merupakan komponen penting yang memungkinkan proses pembukaan rekening efek instan ini bisa direalisasikan.

Terobosan teknologi pembukaan efek ini akan melengkapi penawaran platform investasi digital yang sudah disediakan oleh Indo Premier, seperti IPOTSTOCK sebagai platform investasi saham, IPOTFUND sebagai supermarket online reksa dana, IPOTPAY sebagai platform investasi reksa dana pasar uang, dan IPOTNEWS selaku portal berita pasar modal.

Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Friderica Widyasari Dewi menyatakan, layanan ini akan sangat membantu calon investor di daerah yang ingin berinvestasi di pasar modal.

Dengan adanya terobosan ini diharapkan jumlah investor pasar modal Indonesia akan semakin bertambah sehingga pasar modal menjadi pilihan utama masyarakat dalam berinvestasi.

Editor : Irawan.H.P