• News

  • Bisnis

Harga Tiket Pesawat di Traveloka Mahal dan Tak Masuk Akal, Ini Tindakan Kemenhub

Ilustrasi kabin penumpang maskapai penerbangan komersial.
Istimewa
Ilustrasi kabin penumpang maskapai penerbangan komersial.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Harga tiket pesawat yang dijual melalui aplikasi belakangan ini ramai diperbincangkan masyarakat. Pasalnya, harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi dan cenderung tidak masuk akal.

Misalnya, untuk rute Bandung-Medan atau Jakarta-Makassar pada platform aplikasi penjualan tiket seperti Traveloka.com atau Tiket.com, harga tiketnya bisa dijual 5-6 kali lipat dari tarif normal.

Terkait hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti menegaskan, pihaknya telah meminta maskapai untuk mengingatkan dan menegur mitra penjual/agen untuk tidak menampilkan harga yang tidak masuk akal dan penerbangan yang dipilih harus melalui beberapa kali transit.

“Karena yang muncul di layar aplikasi konsumen, harga tiket jadi tidak masuk akal. Kalau maskapai tidak diingatkan untuk menegur mitra mereka, ini akan merugikan reputasi maskapai sendiri, sekaligus membuat calon penumpang menjerit,” ujar Polana, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, dalam suasana di mana permintaan tiket pesawat mengalami puncak seperti musim liburan dan Lebaran 2019 tahun ini, pemunculan harga yang tidak masuk akan makin membuat publik kebingungan dan menurunkan kepercayaan terhadap pelayanan dalam industri penerbangan.

Editor : Irawan.H.P