• News

  • Bisnis

Warta Ekonomi Beri Penghargaan untuk Saham Berkinerja Terbaik saat Pandemi

Menyaksikan acara penghargaan yang digelar secara virtual.
Istimewa
Menyaksikan acara penghargaan yang digelar secara virtual.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 telah merestrukturisasi semua elemen perekonomian di dunia, tidak terkecuali sektor pasar modal. Pada 2 Maret 2020, saat pemerintah mengumumkan kasus COVID-19 pertama, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lansung anjlok signifkan

Sementara itu, nilai adjusting closing price IHSG pra-COVID-19 pada tanggal 28 Februari 2020 sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance, tercatat di level 5.452,704 poin. 

Sedangkan pasca pengumuman kasus pertama, adjusting closing price IHSG sempat menyentuh angka terendah pada tangal 24 Maret 2020, yaitu sebesar 3.937,632 poin.

Meski nilai adjusting closing price tersebut telah mengalami perbaikan dalam kurun waktu lima bulan terakhir, yaitu sejak 28 Februari 2020 hingga 30 Juni 2020, namun nilai adjusting closing price per 30 Juni 2020, yaitu 4.905,392 poin, masih lebih rendah dibandingkan nilai pada saat pra-COVID19.

Secara keseluruhan, pertumbuhan IHSG di sepanjang lima bulan terakhir di era pandemi terhitung minus 10,04 persen.

Dengan kondisi ketidakpastian tersebut, tak ayal banyak investor khawatir dan lalu membuat mereka berpikir dua kali untuk menempatkan dananya di pasar modal, terutama di negara-negara berkembang. 

Secara karakteristik, investor sudah pasti akan selalu menempatkan dananya pada satu perusahaan yang memiliki prospek bullish, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dengan tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya terkait prospek bisnisnya ke depan.

Melihat kondisi tersebut, Warta Ekonomi berinisiatif memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan 5-months stock performance terbaik dalam acara Warta Ekonomi The Most Valuable Company Award 2020:Best 5-Months Stock Performance. 

Dengan performance yang bagus tersebut, diharapkan dapat turut memberikan kontribusi yang maksimal terhadap roda perekonomian nasional.

 

 

Editor : Irawan.H.P