• News

  • Bisnis

Menteri BUMN dan Menhub Groundbreaking Dermaga Eksekutif Merak

Ilustrasi Pelabuhan Merak (Citizen Daily)
Ilustrasi Pelabuhan Merak (Citizen Daily)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi beberapa pejabat daerah setempat, bersama jajaran Direksi PT Patra Jasa, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT PP (Persero) Tbk. melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakaheuni, Sabtu (27/5/2017).

Proyek yang dibangun di dua lokasi berseberangan ini bernilai lebih dari Rp 450 miliar. Masing-masing dermaga akan dibangun di lahan seluas 41.803 meter persegi (pelabuhan Merak) dan 48.446 meter persegi (Bakaheuni).

Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakaheuni diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi panjangnya antrean saat akan menyeberang, mempersingkat waktu tunggu sandar, mempermudah akses menuju ke pelabuhan dan membangun sarana pendukung bagi calon penumpang kapal. 

Selain itu, Proyek Joint Venture antara Patra Jasa, ASDP dan PP ini, akan membangun kawasan terpadu dengan fasilitas hotel, taman, musholla, komersial area dan lounge yang dapat diakses dalam satu area. 

Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakaheuni juga diharapkan dapat memberikan akses terbaik untuk masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang akan melakukan perjalanan melalui kedua dermaga tersebut.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin