• News

  • Bisnis

Menteri Jonan Minta Tambahan Anggaran Subsidi Listrik Rp52 Triliun

Meteran Listrik
Rumah
Meteran Listrik

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan bakal membahas tambahan anggaran sekira Rp52,13 triliun. Angka itu guna tambahan subsidi listrik pada tahun 2017.

"Kami akan paparkan pada Komisi VII setelah libur itu ada kenaikan sebanyak Rp1,7 triliun. Itu untuk tambahan pelanggan yang baru masuk sebanyak 2,4 juta pelanggan," ujar Jonan, di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Jonan mengatakan, besaran angka tambahan subsidi listrik tersebut sesuai dengan perhitungan Kementerian ESDM. "Jadi kira-kira angkanya segitu kan," ujarnya.

Selain diperuntukkan untuk tambahan pelanggan baru, Jonan mengaku, pengajuan tambahan subsidi sekira Rp1,7 triliun untuk tidak ada kenaikan tarif semua golongan hingga akhir tahun.

"Itu karena kompensasi tidak naik sampai akhir tahun," ujarnya.

Seperti diketahui, Berdasarkan hasil verifikasi data yang dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ada 2,4 juta pelanggan 900 va yang layak menerima subsidi. 

Dengan hasil tersebut, jumlah pelanggan 900 va yang layak dapat subsidi bertambah dari 4,1 juta menjadi 6,5 juta.

Namun karena adanya tambahan 2,4 juta pelanggan 900 va yang layak mendapat subsidi, pemerintah lewat Kementerian ESDM menyatakan dibutuhkan tambahan subsidi listrik untuk tahun ini.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin