• News

  • Bisnis

Semen Indonesia Rangkul Anak Muda untuk Berkontribusi pada Lingkungan

irektur Semen Indonesia Ahyanizzaman tampak menyerahkan penghargaaan Millennials Berkarya
Istimewa
irektur Semen Indonesia Ahyanizzaman tampak menyerahkan penghargaaan Millennials Berkarya

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Beragam cara dilakukan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) untuk senantiasa dekat dengan masyarakat selaku pelanggan. Salah satunya adalah dengan merangkul generasi muda yang dianggap merupakan para calon pelanggan perusahaan di masa mendatang. 

"Kami sadar betul bahwa pada mereka (generasi muda) inilah harapan bangsa, harapan kita semua di masa depan akan disandarkan. Peduli pada mereka adalah peduli pada masa depan Indonesia," ujar Direktur Marketing dan Supply Chain SMGR, Ahyanizzaman, usai malam penghargaan Program Millennials Berkarya, di Jakarta, akhir pekan ini.

Ia menjelaskan, melalui program Millennials Berkarya tersebut, Semen Indonesia merangkul generasi muda yang memiliki hasrat untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan. Kompetisi ini diikuti oleh anak muda dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, wirausahawan, komunitas sosial, hingga profesional muda. 

Rangkaian program ini dimulai sejak Mei 2017 dan berhasil mengumpulkan 82 ide campaigner yang mengikuti kompetisi penggalangan dana. Dari penggalangan tersebut, terkumpul sebanyak 3.465 donatur dengan nilai donasi sebesar Rp 300,3 juta. Dari seluruh peserta, perseroan memilih 10 nominee campaigner terbaik untuk ikuti coaching clinc dan berkesempatan jadi pemenang kompetisi. 

Ahyanizzaman menambahkan, dengan merangkul generasi muda, pihaknya juga berharap dapat lebih maksimal lagi dalam melakukan sosialisasi dan edukasi terkait seluk-beluk industri semen di masyarakat. Pasalnya, generasi muda ini dapat lebih memandang segala sesuatu dengan obyektif tanpa dipengaruhi oleh sentimen-sentimen negatif yang sengaja dibentuk oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. 

"Kami juga jelaskan pada mereka bagaimana cara kerja industri semen. Bahwa industri semen itu tidak merusak alam seperti yang selama ini banyak dituduhkan. Ada tanggung jawab sosial, tanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan yang kami pegang teguh dalam setiap melaksanakan aktifitas produksi," tutur pria yang akrab disapa Yani ini. 

Selain berupa penjelasan teoritik, lanjut Yani, pihaknya juga mengajak generasi muda mengunjungi lokasi pabrik untuk melihat langsung kondisi di lapangan sekaligus yang dirasakan oleh penduduk sekitar lokasi pabrik. Dengan penjelasan yang obyektif dan komprehensif tersebut, diharapkan tidak ada lagi pemahaman yang salah apalagi kampanye negatif terkait industri semen di masa mendatang. 

"Kalau dipikir-pikir lagi mereka ini kan juga calon customer kami di masa mendatang. Jadi ini bentuk lain dari upaya mainenance kami terhadap potensial customer di masa depan. Lalu mereka ini kan juga SDM-SDM yang unggul, kalau mereka mau juga bisa kita arahkan pasca mereka lulus studi akan jadi talent perusahaan. Banyak yang bisa kita kembangkan lagi secara lebih luas dari program ini," pungkasnya.

 

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Farida Denura