• News

  • Gayahidup

5 Tips Ciamik Memulai Usaha Soya Bean Curd

Soya bean curd bisa diolah jadi bisnis menarik.
Gumtree
Soya bean curd bisa diolah jadi bisnis menarik.

Berita Terkait

JAKARTA, NNC - Beragam kudapan baik lokal maupun mancanegara terus menunjukkan eksistensinya. Tidak terkecuali Soya Bean Curd atau Kembang Tahu ala Singapura yang hadir menyemarakan kuliner tanah air.

Terobosan dan inovasi yang dikemas sedemikian rupa membuat usaha kreatif satu ini mulai diterima berbagai lapisan masyarakat. Pangsa pasar yang terbuka lebar membuat siapa saja dapat mengambil kesempatan untuk terjun ke dunia kuliner yang satu ini.

Sebelum benar-benar berjibaku pada industri kuliner yang tergolong dinamis, ada lima tips ciamik yang perlu diperhatikan bagi setiap pelaku usaha. Berikut tipsnya seperti dijabarkan Wulan Ayodya, Pengamat Marketing:

1. Branding Produk. Untuk menetapkan branding produk yang bagus, sebaiknya pelaku usaha meninjau kembali segmen pasar yang hendak disasar. Hal ini akan berkesinambungan dengan branding produk yang akan dijalankan nantinya. Jika memilih pasar anak muda sebaiknya gunakan brand names hingga kemasan yang menarik dengan perpaduan warna dan nama yang cenderung berani.

2. Bahan Baku Berkualitas. Penggunaan bahan baku dengan kualitas nomor satu wajib dipilih jika pelaku usaha ingin mendapatkan cita rasa sempurna. Meskipun harus mematok harga sedikit lebih mahal dari kompetitor, tampaknya bukan menjadi masalah yang pelik mengingat konsumen cenderung loyal dengan rasa yang menurutnya enak. Selain itu, mendaftarkan produk ke lembaga terkait seperti Kemenkes atau MUI merupakan langkah yang baik untuk memberi jaminan kepada konsumen terkait bahan baku yang digunakan.

3. Lokasi yang Tepat. Pemilihan lokasi yang tepat menjadi kunci utama bagi pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Pilihan lokasi yang ramai seperti area mal, kampus, hingga perkantoran cukup menjadi beberapa pilihan yang strategis untuk produk yang akan ditawarkan nantinya.

4. Strategi Promosi. Untuk penjualan langsung sebaiknya berikan brosur, pamflet, katalog, hingga tester kepada masyarakat di sekitar lokasi penjualan. Sedangkan sebagai sarana pengenalan maupun membangun komunikasi yang efektif, ada baiknya manfaatkan berbagai fitur jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, bahkan website dengan intens.

5. Kebersihan. Kebersihan lokasi penjualan dan produk yang ditawarkan sebaiknya dipantau dengan baik dan cermat. Konsumen cukup aware dengan hal ini. Selain itu, tawarkan kemudahan seperti layanan delivery order dengan pelayanan yang baik tentunya.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani