• News

  • Gayahidup

Tertarik Melakukan Babymoon? Berikut Tipsnya

Melakukan babymoon kini sedang tren di kalangan pasutri muda.
Darcy
Melakukan babymoon kini sedang tren di kalangan pasutri muda.

JAKARTA, NNC - Istilah Babymoon sempat menjadi trend terutama di kalangan pasangan suami istri (pasutri) muda. Banyak destinasi menarik untuk para pasutri menyenangkan “si jabang bayi”.

Sederet keseruan pun dapat Anda lewati bersama calon buah hati. Karena banyaknya tempat yang sangat menyenangkan sekaligus mengabadikan momen istimewa kalian.

Saat babymoon, Anda bisa menikmati masa-masa relaksasi sebelum menjadi orangtua yang sebenarnya. Selain itu, babymoon juga memiliki banyak manfaat, misalnya agar Anda terbiasa dengan rutinitas baru, mengurangi stress pada ibu dan bayi, hingga menjaga keharmonisan dengan pasangan.

Nah, tertarik untuk melakukanya? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan babymoon seperti dirangkum NNC dari berbagai sumber:

1. Pilih Waktu yang Tepat
Menurut American Congress of Obstetricians Gynecologist, waktu yang tepat untuk melakukan babymoon saat usia kandungan 14-28 minggu (trimester kedua). Pada waktu inilah risiko keguguran bisa diminimalisir dan morning sickness mereda.

Di trimester kedua ibu hamil banyak memiliki energi dibandingkan sebelumnya dan belum terlalu berat membawa kandungan seperti di trimester ketiga.

Selain itu yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari peak season liburan. Karena pada umumnya tempat wisata yang penuh orang dan berdesak-desakkan tidak disarankan untuk ibu hamil.

2. Cek Kesehatan
Meski ibu hamil merasa bugar, namun tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan babymoon. Bila ada keluhan tertentu, dokter juga dapat memberikan solusi seperti menambahkah vitamin, obat penguat janin, atau saran-saran lain yang dibutuhkan.

3. Transportasi
Apabila sudah dipastikan sehat dan kondisi janin kuat, pilihlah transportasi yang aman apabila ingin naik pesawat, ibu hamil sebaiknya memilih kursi dekat dengan toilet.

Saat melakukan perjalanan dengan mobil, selalu kenakan sabuk pengaman dengan posisi untuk ibu hamil, yaitu bagian bawah sabuk pengaman di bawah perut dan di atas paha dan arahkan tali ke pundak dengan cara diagonal di antara payudara.

Buat kamu yang memilih kapal untuk mencapai tujuan wisata, pastikan kapal tersebut memiliki fasilitas kesehatan yang cukup memadai.

4. Tujuan Perjalanan
Pertimbangkanlah tujuan wisata yang akan dikunjungi. Pilih lokasi yang aman dan tidak terlalu jauh seperti Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Pelajar ini kental akan budaya serta kearifan lokalnya.

Beberapa keseruan dapat kamu lewati bersama istri dan calon buah hati di sini. Karena banyaknya tempat yang sangat menyenangkan sekaligus mengabadikan momen istimewa kamu.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani