• News

  • Gayahidup

Anthony Hartono Juri Kompetisi Piano Internasional Finlandia

Anthony bersama mendiang BJ Habibie dan Ananda Sukarlan.
Dok: Ananda
Anthony bersama mendiang BJ Habibie dan Ananda Sukarlan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ditengah kepanikan dunia menghadapi Virus Corona dan dampak negatifnya ke dunia seni dan budaya, ada sedikit berita yang menghibur dan membanggakan dari dunia piano klasik.

Pianis muda Indonesia Anthony Hartono akan menjadi salah satu juri dari kompetisi piano internasional World Piano Teachers Association di Finlandia yang unik dan bisa mengatasi berbagai masalah lockdown, travel restrictions dll., yaitu dilakukan secara online.

Peserta bisa mengirimkan video permainannya melalui YouTube atau Vimeo sampai tanggal 31 Mei tahun ini. Info lebih lanjut bisa dibaca di http://www.wpta.info/finland/ipc/.

Anthony Hartono adalah salah satu pianis klasik muda terbaik Indonesia, pemenang Ananda Sukarlan Award 2014 dan telah menarik perhatian dunia lewat permainannya di Festival Piano Helsinki 2017 lalu : https://www.youtube.com/watch?v=rCQbqsU6RaM.

"Intinya kompetisi online ini bertujuan untuk mengatasi masalah mahal dan ribetnya bepergian. Semua pianis dari semua negara bisa berpartisipasi mulai dari umur 5 sampai 30 tahun. Kami memiliki kategori baru yang cukup unik  yaitu untuk duet and duo performance (4 tangan di satu dan dua piano), dan tidak ada batasan umur untuk kategori ini. Untuk semua kategori, semua bebas memainkan karya apa saja, termasuk Rapsodia Nusantara dan karya-karya  lainnya. Peserta nggak perlu travel ke Helsinki karena semua dilakukan online. Jadi tinggal kirim rekaman aja, ntar kalo menang, kami akan undang atau berikan beasiswa untuk ikut festival/masterclass/kesempatan konser." kata Anthony yang saat ini berdomisili di Singapura, dalam siaran persnya, Rabu (18/3/2020).

Anthony memang dikenal sebagai salah satu pelopor dalam memperkenalkan musik Indonesia ke dunia piano klasik internasional. Di Compact Disc pertamanya ia memainkan dua Rapsodia Nusantara , disandingkan dengan musik komponis Finlandia terkemuka Jean Sibelius. Ia berharap kompetisi ini bisa membawa nama Indonesia lebih luas lagi di dunia internasional.

Rapsodia Nusantara sendiri adalah karya piano yang sangat virtuosik ciptaan Ananda Sukarlan, yang kini berjumlah 28 nomor. Setiap nomor adalah berdasarkan lagu-lagu daerah spesifik dari berbagai propinsi di Indonesia. Kini Rapsodia Nusantara sudah dimainkan oleh ratusan bahkan ribuan pianis di seluruh dunia.


Editor : Sulha Handayani