• News

  • Gayahidup

Dijamin Tak Sadar, Ini 7 Tanda Kalau Anda Telah Tertular Covid-19

Seorang wanita memakai masker
Pexels
Seorang wanita memakai masker

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Para ahli dan dokter penyakit menular memastikan bahwa virus Corona mungkin telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia tanpa disadari, sebelum dimulainya tindakan penutupan yang diterapkan oleh banyak negara, mulai pertengahan Maret 2020 lalu.

"Kebanyakan orang yang terinfeksi Coronavirus memiliki kasus infeksi yang tidak rumit, dan itu mungkin tidak dapat dibedakan dari pilek atau flu," kata seorang ahli penyakit menular, Amesh Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security.

"Sayangnya, "tidak ada metode yang 100 persen pasti untuk mengetahui apakah infeksi yang Anda tangani musim dingin lalu adalah" Covid 19 "atau flu biasa," tambah Adalja.

Namun, ada 7 tanda yang dapat dilihat yang menunjukkan bahwa banyak orang mungkin terinfeksi Covid 19 tanpa menyadarinya. Berikut beberapa tanda seperti dilansir laman Shaffaq

1. Flu di awal tahun 2020

Para ilmuwan menemukan bahwa untuk setiap dua kasus flu, satu kasus ditemukan dengan virus Corona.

Meskipun mungkin sulit untuk membedakan antara kasus flu ringan dan "Covid 19" karena kemiripan gejalanya, pilek biasanya tidak menyebabkan sesak napas atau sakit kepala parah.

2. Kehilangan indra penciuman dan perasa

Kehilangan penciuman dan rasa adalah ciri khas dari infeksi virus Corona, dan gejala ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi Adalja menunjukkan bahwa sekarang sangat terkait dengan "Covid 19".

Perlu dicatat bahwa kedua indra ini juga mungkin hilang untuk sementara waktu seperti pilek, influenza, sinusitis, atau bahkan dengan alergi musiman.

3. Rambut rontok

Banyak dari mereka yang pulih dari virus Corona melaporkan masalah terkait kerontokan rambut, dan Adalja mengatakan bahwa penyebabnya bisa jadi karena berbagai faktor, termasuk stres parah, penurunan berat badan, dan Covid 19.

4. Sesak napas

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah "Gamma" menemukan bahwa pengidap virus corona mungkin merasa sesak napas, kemungkinan karena infeksi di paru-paru.

5. Batuk terus menerus

Batuk yang tidak kunjung sembuh merupakan salah satu gejala infeksi virus Corona, dan dalam hal ini batuk sering kali mengering yang berarti tidak ada lendir yang keluar.

Data tersebut menemukan bahwa 43 persen orang yang tertular Covid 19 mengalami batuk dari 14 hingga 21 hari setelah mendapatkan tes positif untuk virus tersebut.

6. Merasa kelelahan

Studi yang dipublikasikan di Gamma Journal, menemukan bahwa 53 persen pasien virus corona mengatakan mereka mengalami kelelahan sekitar 60 hari setelah tanda-tanda virus pertama kali muncul.

7. Gejala yang tidak kunjung sembuh

Virus Corona masih baru di telinga dokter, sehingga beberapa gejala dan akibatnya masih tersembunyi, seperti penderitaan sebagian orang yang terkena virus akibat gangguan jantung pasca infeksi.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya