• News

  • Gayahidup

Mampu Mengatasi Darah Tinggi, Anda Wajib Konsumsi Rebusan Bunga Teratai

Bunga teratai disinyalir mampu mengatasi darah tinggi.
Rimbakita
Bunga teratai disinyalir mampu mengatasi darah tinggi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bunga teratai hutan atau yang biasa disebut honje kerap dikonsusmi oleh para raja di zaman dulunya. Kini, sangat jarang masyarakat yagn menggunakan honje untuk penambah sedap makanan. Banyak tumbuh di rawa-rawa, padahal, honje bukan skadar hiasan, tapi juga mampu mengatasi berbagai penyakit.

Bunga teratai juga termasuk ke dalam jenis tanaman yang tumbuh dengan baik di permukaan air yang tenang. Bunga juga daun teratai ini ada di permukaan air, keluar dari tangkai yang asalnya dari rizoma yang ada di dalam lunpur tepatnya di bagian dasar kolam, sungai, maupun rawa – rawa.

Tangkai ada di bagian tengah – tengah daun. Daun dari bunga teratai ini memiliki bentuk bundar atau pun berbentuk oval lebar yang terpotong di jari – jari menuju ke bagian tangkainya. Kemudian untuk bagian permukaan daunnya sendiri tidak mengandung lapisan lilin, sehingga air yang jatuh ke permukaan daun teratai tidak akan membentuk butiran – butiran air.

Dilansir dari berbagai sumber, termasusk juga laman manfaat bunga, inilah manfaat bunga teratai yang bisa Anda konsumsi.

Mengobati penyakit Jantung Koroner
Pertama, siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang sudah di potong-potong, 50 gram Asparagus segar, 10 gram Jamur Putih kering, serta 10 butir Kacang Cuka. Masak semua bahan tadi sesuai dengan selera anda, dan makanlah ramuan ini secara teratur.
 
Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)
Rebuslah 10-15 gram biji Bunga Teratai dengan air secukupnya. Setelah mendidih, minulah air rebusan tersebut.
 
Mengobati Mimisan
Ambil akar Bunga Teratai secukupnya, lalu cucilah sampai bersih. Setelah itu, buatlah menjadi jus. Kemudian teteskan air jus tersebut ke lubang hidung.
 
Menghentikan Pendarahan
Siapkan 200 gram rimpang Bunga Teratai yang masih segar, dan 100 gram Kucai yang masih segar juga. Blender kedua bahan tersebut. Setelah itu rebus hasil blenderan tersebut, dan minumlah air rebusannya untuk menghentikan pendarahan.
 
Mengobati Sakit Kepala
Sediakan 15 gram daun Bunga Teratai yang sudah kering, 6 gram Bunga Mawar yang sudah kering juga, serta 10 gram Jahe. Rebus semua bahan tersebut dengan air secukupnya. Kemudian minumlah air hasil rebusan tersebut.
 
Menghaluskan Kulit
Masaklah 30 gram Bunga Teratai serta Ketan secukupnya. Tambahkan sedikit gula, dan tunggulah sampai menjadi bubur. Bila sudah matang, makanlah bubur ini secara teratur.
 
Mengobati Batuk Berdarah dan Muntah Darah
Siapkan rimpang Bunga Teratai secukupnya, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, buatlah jus sebanyak 200 cc dengan menggunakan rimpang Bunga Teratai tadi. Lalu minumlah air jus tersebut.
 
Mengobati Disenteri
Buatlah jus yang terdiri dari campuran 50 gram rimpang Bunga Teratai dan 10 gram Jahe, yang semuanya sudah di cuci terlebih dahulu sampai bersih. Tambahkan 100 cc air ke dalam jus tersebut, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan Madu. Aduk secara merata, lalu minum.
 
Mengatasi Pengerasan Pembuluh Darah
Siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang sudah di potong-potong, 20 gram Jali, 20 gram Rumput Laut, 100 gram Kacang Hijau, 30 gram Kacang Cuka, dan gula pasir secukupnya. Rendamlah Jali, Rumput Laut, dan Kacang Hijau secara terpisah. Kemudian masak semua bahan hingga menjadi bubur, lalu makanlah ramuan ini.
 
Mengobati Sakit Lambung dan Usus pada usia lanjut
Siapkan 20 butir biji Bunga Teratai yang sudah direndam, rimpang Bunga Teratai secukupnya, serta 30 gram Kacang Tanah. Masak semua bahan tersebut menjadi sop. Setelah matang, makanlah ramuan ini.
 
Mencegah dan Mengobati Hepatitis
Rebuslah 10 butir biji Bunga Teratai yang masih segar di dalam periuk tanah dengan air secukupnya hingga lembut. Kemudian masukkan 1 buah Kesemek kering yang sudah diiris. Rebus lagi ramuan ini, dan tunggu sampai airnya tersisa 400 cc. Minumlah ramuan ini 2x sehari.

Obati batuk darah
Manfaat terbaik bunga teratai bisa atasi batuk darah yang diderita, seperti halnya pada manfaat alang – alang. Adanya kandungan asam nikotinat yang ada di dalam tumbuh – tumbuhan satu ini sangat bermanfaat sekali untuk hentikan muntah darah. Untuk mengobati batuk darah dengan bunga ini sebenarnya mudah sekali, pertama – tama silakan Anda buat bagian rimpang dari teratai sebagai jus. Jika sudah campurkan saja air matang sebanyak 200 cc. Silakan minum jus rimpang teratai ini secara rutin, minimal 3 kali sehari, maksimal 5 hari sekali.

Obati diare yang disertai muntah – muntah
Pada saat diare dan muntah – muntah, biasanya ada banyak orang yang kehilangan cairan di dalam tubuhnya dalam jumlah yang banyak sekali. Nah, untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang tersebut Anda bisa banget memanfaatkan air dari jus rimpang bunga teratai. Kandungan mineral yang ada di dalamnya ternyata sangat berguna sekali untuk menambah cairan tubuh yang hilang. Caranya adalah sebagai berikut, pertama silakan Anda siapkan saja 50 gram rimpang bunga ditambahkan dengan 10 gram rimpang jahe. Jika sudah silakan cuci sampai bersih dengan air mengalir. Lalu jus kedua bahan tersebut, saring lalu minum air jusnya sebanyak 2 kali sehari.

Obati desentri
Tidak jauh berbeda dengan diare, seseorang yang terkena desentri ini biasanya alami kekurangan cairan, sehingga cairan di dalam tubuhnya harus diganti. Berikut ini adalah cara membuat ramuan herbal dari bunga teratai yang pastinya sangat bermanfaat sekali untuk obati desentri. Pertama – tama silakan Anda ambil 50 gram rimpang Kembang teratai, siapkan juga 10 gram jahe yang diparut kemudian diperas. Tambahkan air bersih sebanyak 100 cc dan rebus sampai mendidih. Jika sudah dingin, campurkan saja dengan 1 sendok madu murni supaya sedikit manis. Aduk – aduk sampai rata sebelum akhirnya dikonsumsi.

Menormalkan tekanan darah
Penting sekali bagi Anda para penderita hipertensi untuk segera menurunkan tekanan darah tingginya, tujuan dari hal ini tidak lain adalah agar tidak terkena penyakit komplikasi. Manfaat tunas bunga teratai ternyata bisa banget menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dikarenakan, dalam tunas bunga teratai punya kandungan lemak yang baik, dan bermanfaat sekali untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya mudah sekali, yakni dengan mengambil 10 gram biji Kembang teratai dan 15 gram tunas bunga. Jika sudah menyiapkan semua bahan – bahan tersebut silakan Anda campurkan dengan 350 cc air bersih. Kemudian rebus sampai airnya tersisa hingga 220 cc saja. Anda bisa meminum air rebusan ini secara teratur.

Editor : Sulha Handayani