• News

  • Bola

Pemilihan Presiden FIFA Berlanjut ke Putaran Kedua


ZURICH, NETRALNEWS – Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, dua kandidat: Gianni Infantino dan Sheikh Salman, bersaing ketat dalam pemilihan Presiden FIFA yang baru untuk menggantikan Sepp Blatter.

Proses pemilihan presiden yang baru dilakukan dalam Kongres Luar Biasa FIFA di Zurich, Jumat (26/2) sore waktu setempat. Dengan mundurnya wakil Afrika, Tokyo Sexwale, berarti tinggal tersisa empat kandidat yang berhak maju dalam proses pemilihan yang mengikutsertakan 207 negara di luar Indonesia dan Kuwait yang terkena sanksi.

Setelah semua negara memberikan suaranya, panitia pemilihan segera melakukan penghitungan suara. Infantino mendapatkan 88 suara atau hanya unggul tipis 3 suara dari Salman. Sementara, dua kandidat lainnya Pangeran Ali dari Yordania dan mantan Sekjen FIFA Jerome Champagne masing-masing hanya mendapatkan 27 dan 7 suara.

Dengan demikian, proses pemilihan presiden dilanjutkan dengan putaran kedua. Sebabnya, tidak ada kandidat yang mampu meraup suara mayoritas, dua pertiga dari total 207 suara atau minimal 138 suara. Dalam putaran kedua, kandidat berhak dinobatkan sebagai Presiden FIFA yang baru dengan syarat mendulang suara mayoritas atau 50 persen + 1 suara atau 104 suara.

Reporter : ME Gunawan
Sumber : FIFA