• News

  • Bola

Tuding Langgar Hak Cipta, Legenda Brasil Tuntut Samsung

Scissor kick ala Pele
Scissor kick ala Pele

NEW YORK, NETRALNEWS.COM – Legenda sepakbola Brasil, Pele, menuding perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan, Samsung, menggunakan gambar atau imejnya tanpa permisi. Karenanya, Pele menuntut ganti rugi senilai US$ 30 juta atau sekitar Rp 390 miliar.

Gambar atau foto yang dipermasalahkan Pele adalah yang tercantum dalam iklan Samsung dalam mempromosikan televisi Ultra HD yang dimuat di New York Times.

Dalam tuntutan yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Chicago, Samsung dituding memakai pariwara tersebut setelah buntunya proses negosiasi penggunaan foto Pele pada 2013 lalu.

Iklan Samsung yang tidak menyertakan nama Pele tersebut menampilkan wajah seorang pria yang “sangat mirip” dengan Pele dan gambar kecil dari seorang pemain yang tengah “melakukan aksi tendangan gunting, aksi yang dikenal menjadi ciri khas Pele”.

Pun, dalam tuntutan itu, Pele menilai iklan Samsung telah merusak nilai hak cipta dan menyesatkan para konsumen yang bisa berpikir bahwasanya mantan bintang Santos FC tersebut mendukung produk Samsung. Selain mencari kompensasi, dalam tuntutannya, Pele juga bermaksud mencegah penggunaan gambar atau fotonya tanpa izin di kemudian hari.

Tuntutan itu sendiri diajukan Pele IP Ownership LLC, perusahaan yang memiliki hak cipta Pele, yang dikomandani pengacara kondang Frederick Sperling yang juga menjadi kuasa hukum mantan bintang NBA Michael Jordan.

Bernama lengkap Edosn Arantes do Nascimento, Pele yang kini telah berusia 75 tahun, dinilai banyak kalangan sebagai pesepakbola terbaik  sepanjang masa. Bersama Brasil, Pele meraih tiga gelar juara dunia pada 1958, 1962,  dan 1970.


Editor : ME Gunawan
Sumber : BBC