• News

  • Bola

Soal Strategi Guardiola, Ini Tanggapan Bintang Man City

Pep Guardiola.
Pep Guardiola.

MANCHESTER, NETRALNEWS.COM – Gaya permainan Josep Guardiola di Manchester City mulai diragukan keampuhannya. Gaya tiki taka yang sukses diperagakan di Barcelona dan Bayern Munich sejauh ini belum berhasil bersama City. 

Setelah moncer di awal musim dengan meraih sepuluh kemenangan beruntun di semua kompetisi, Man City kini mulai kesulitan meraih kemenangan. Tercatat dari lima laga terakhir, mereka belum sekalipun meraih kemenangan.  

Laga terakhir di Liga Primer Inggris, Kevin de Bruyne dkk dipaksa bermain imbang oleh tamunya, Southampton 1-1. Para pengamat sudah sering mengkritik filosofi Guardiola yang memaksakan bermain menyerang sehingga membuat lini belakang justru semakin rapuh.

Meskipun tengah dalam periode negatif, De Bruyne tetap membela filosofi permainan sang pelatih. Menurutnya, tak ada alasan bagi Pep untuk mengubah gaya permainan menyerang di Man City seperti yang ia terapkan di klub-klub lainnya.

Menurutnya, buruknya performa City bukan karena filosofi permainan itu sendiri, melainkan karena mereka belum menguasai dan menjiwai betul filosofi pelatih asal Spanyol itu.

"Ia ingin memastikan bahwa kami paham cara kami bermain saat ini adalah cara yang bagus. Itulah pesannya," ungkap De Bruyne. "Kenapa ia (Guardiola) harus mengubah caranya hanya karena ia datang ke Inggris?" lanjut De Bruyne.

Mantan pemain Chelsea itu pun mengaku puas dengan gaya bermain yang diterapkan Guardiola di klubnya. Menurutnya Gaya timnya kini sudah bisa bermain dengan tekanan tinggi dan dengan organisasi permainan yang bagus.

"Cara kami bermain adalah cara yang diinginkan semua tim, tapi tak banyak tim yang mampu melakukan permainan yang menakjubkan ini," pungkasnya.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian
Sumber : Dailymail