• News

  • Bola

BOPI Terbitkan Surat Rekomendasi untuk Liga 1

Ketua Umum BOPI, Noor Aman.(Netralnews/Dimas Elfarisi)
Ketua Umum BOPI, Noor Aman.(Netralnews/Dimas Elfarisi)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia ( BOPI) resmi menerbitkan surat rekomendasi untuk kompetisi tertinggi Tanah Air, Liga 1 2017. 

Surat itu dikeluarkan BOPI usai melakukan rapat dengan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola Liga 1, di Kantor Kemenpora, Kamis (13/4/2017).

"Tadi kami tanda tangani juga rekomendasi untuk bahan bagi LIB mengajukan permohonan rekomendasi kompetisi kepada kepolisian," Ketua Umum BOPI, M Noor Aman.

Noor Aman mengatakan, finalisasi verifikasi Liga 1 sudah mencapai 90 persen. Meski belum 100 persen, tapi BOPI menilai PT LIB sudah memenuhi persyaratan untuk bisa dikeluarkan surat rekomendasi. 

Kendati demikian, Noor Aman mengatakan masih ada hal-hal teknis yang belum terselesaikan, seperti masalah KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) bagi para pemain asing. 

Ke depannya baik BOPI maupun PT. LIB tidak akan saling menggunakan kewenangannya, melainkan sepakat untuk bersama-sama mengawasi penyelesaian persyaratan. 

" BOPI melakukan pengawasan dan pengendalian secara faktual dengan turun langsung ke klub untuk menanyakan dan melengkapi apa yang belum lengkap," ucap Noor Aman.

"Untuk melakukan pengawasan dan pengendalian, kesepakatannya anggaran ditanggung PT LIB sebagai operator seperti sebelumnya. Tidak semuanya, hanya ada beberapa klub saja," sambungnya.

Direktur Utama PT. LIB, Berlinton Siahaan, menambahkan pihaknya sudah memberikan kontribusi kepada 18 klub peserta Liga 1 yang jumlahnya disesuaikan Rp7,5 miliar per klub. Jumlah itu akan ditambah dan disesuaikan dengan penampilan klub dan hak siar.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian