• News

  • Bola

Belum Punya KITAS, BOPI Kecewa Essien-Cole Diturunkan Persib

Michael Essien dan Carlton Cole saat latihan.(dok/Sidomi)
Michael Essien dan Carlton Cole saat latihan.(dok/Sidomi)

JAKARTA, NETRALNEW.COM – Badan Olahraga Profesional Indonesia ( BOPI) merasa kecewa dengan tim Persib Bandung. Sebabnya, Persib menurunkan dua bintangnya, Michael Essien dan Carlton Cole dalam laga melawan Arema FC pada laga pertama Liga 1.

Kekecewaan BOPI karena kedua pemain asing milik Persib Bandung itu belum memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

Melalui Sekretaris Jenderal, Heru Nugroho, BOPI mengutarakan rasa tak suka dengan tindakan yang dilakukan Persib.

"Urusan kami dengan operator, interaksi kami dengan operator, kan sudah disepakati waktu penandatanganan kerja sama. kami sudah peringkatkan kemarin [dalam pertemuan termasuk tentang wajibnya KITAS bagi pemain asing]," kata Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho dikutip CNN Indonesia.

Menurut Heru seharusnya kedua pemain asing itu tidak dapat bermain karena belum memiliki KITAS. Itu sesuai dengan kesepakatan yang terjadi ketika BOPI mengeluarkan rekomendasi untuk bergulirnya Liga 1 kepada PT LIB pada Kamis, 13 April 2017.

" BOPI akan melaporkan Essien dan Cole ke Dirjen Imigrasi terkait KITAS mereka. Akan disusun draft-nya oleh tim verifikasi siang ini, dan rencananya akan dikirim hari ini," ungkap Heru.

Adapun hasil dari laporan BOPI terhadap pihak Imigrasi, kata Heru, bakal diserahkan sepenuhnya kepada lembaga yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI tersebut.

"Tindakan itu wewenang imigrasi. saya berharap imigrasi menindak itu," ucap Heru.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian