• News

  • Cantik & Gaya

Menyulap Ketidaksempurnaan Bentuk Bibir

Ilustrasi bibir
simplisticallyliving
Ilustrasi bibir

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setiap wanita pasti bangga dengan penampilan bibirnya yang sensual. Tak jarang segala cara dilakukan demi mendapatkan bibir seksi dan menarik. 

Kategori bibir yang indah bisa dilihat jika bentuknya melengkung indah, ketebalannya cukup (tidak lebih dari 1 cm) dan bagian bawahnya pun melengkung indah. 

Namun, setiap orang pasti dikarunia bentuk bibir yang berbeda-beda. Ada yang tipis, tebal, dan kendur. Hal inilah yang menimbulkan rasa tidak percaya diri. 

Selain itu, banyak orang yang kurang menyadari kebiasaan kecil yang bisa merusak bibir seperti menjilat, menggigit dan mengunakan kosmetik berbahaya. 

Beberapa ketidaksempurnaan bibir berikut ini bisa dipercantik dengan beberapa treatment, seperti dijelaskan dr. Guntoro, SpBP:

1. Bibir terlalu tipis. Bentuk bibir seperti ini memberikan kesan seolah-olah sinis. Untuk jenis bibir tipis ini, Anda bisa mengatasi dengan menggunakan Dermofat Graft. Caranya dengan mengimplan dari kulit dan lapisan lemak pasien sendiri ke bibir yang tipis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan, sebaiknya Anda melakukan treatment ini dengan dokter yang handal di bidangnya. 

2. Bibir terlalu tebal. Bentuk bibir seperti ini memberikan kesan gemuk pada wajah. Untuk jenis bibir bisa diatasi dengan cara mengecilkan bibir atau mengurangi massa bibir, yaitu dengan bedah kecil selama kurang lebih 45 menit. Treatment bedah ini sebagian besar bertahan 6-12 bulan dan untuk menjaga bibir tetap terlihat seksi perlu pengulangan dan rutin melakukannya.

3. Bibir kendur dan keriput. Bentuk bibir seperti ini memberikan kesan tua, letih dan terkadang memberi efek galak. Untuk jenis bibir ini bisa diatasi dengan filler (memasukan medis yang aman dan memperbaiki kontur bibir). 

Filler merupakan zat pengisi yang digunakan untuk mengisi daerah-daerah yang perlu ditambahkan atau dipadatkan volumenya. Filler dapat menambah volume bibir dengan cara disuntikkan. Bahan yang paling bagus dan aman untuk bibir adalah asam hyaluronat. 

Zat ini akan merangsang kolagen dan elastisitas jaringan sehingga kulit mampu menyimpan lebih banyk kelembaban kulit menjadi lebih baik. Proses pengerjaannya cukup sederhana, caranya bibir akan disuntikkan dan dioleskan salep anatesi pada beberapa titik di bibir atas atau bawah. Prosesnya hanya berjalan selama 10 menit dan hasilnya akan langsung terlihat. 

Sebaiknya Dihindari. Meski banyak cara dapat dilakukan demi mendapatkan bentuk bibir yang cantik, sensual dan menarik. Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar keindahan bibir tidak berubah bentuk, yaitu:

1. Hindari faktor penyebab bibir menjadi rusak seperti kebiasaan merokok dan pemakaian lipstik yang terlalu lama.

2. Jangan bersihkan bibir dengan cleansing oil karena akan merusak kelembaban bibir.

3. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena bisa merusak warna bibir dan membuat bibir menjadi pecah-pecah.

4. Seiring bertambahnya umur, kandungan kolagen pada bibir ikut menurun sehingga bibir tidak lagi terlihat kenyal. Penuaan pada bibir tampak dari bibir yang akan semakin kasar, berkerut dan tampak garis-garis halus. 

Penyebab penuaan dini pada bibir salah satunya adalah faktor makanan dan minuman. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari makanan yang diolah dengan cara dibakar dan kurangi konsumsi kopi hitam. 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya