• News

  • Editor's Note

Berjuang di Tengah Pandemi Tanpa Kehilangan Jati Diri Bangsa

Situasi Sidang Tahunan MPR, 14 Agustus 2020
Merdeka.com
Situasi Sidang Tahunan MPR, 14 Agustus 2020

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam sidang Tahunan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan etika dan moral bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan bangsa baik internal maupun eksternal.

"Kita sebagai bangsa dituntut mampu menyesuaikan dengan tatanan baru itu, agar kita tetap eksis dan dapat beradaptasi dengan kondisi normal baru tersebut, tanpa kehilangan jatidiri bangsa kita. MPR sebagai pengawal ideologi Pancasila, harus menjadikan Pancasila sebagai landasan etika dan moral bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan," kata Bamsoet saat membacakan pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Dia menjelaskan, sejalan dengan itu maka Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa harus terus disosialisasikan, agar dapat menjadi landasan moral dan etik dalam membangun etika politik, etika sosial dan budaya, etika ekonomi dan bisnis, etika pemerintahan, etika lingkungan dan etika keilmuan.

Menurut dia, dalam waktu dekat MPR akan menyelenggarakan Konvensi Tentang Etika Kehidupan Berbangsa bersama sama dengan Komisi Yudisial dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), untuk menggairahkan kembali pentingnya Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa bagi pembangunan jatidiri bangsa Indonesia.

"Pandemik COVID-19 berikut implikasinya juga tidak hanya berdampak secara langsung terhadap kesehatan masyarakat maupun pendidikan, tetapi juga dimensi yang lain khususnya di bidang ekonomi," ujarnya.

DPR RI pada tahun 2020 menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan pembacaan nota keuangan APBN 2021, Jumat (14/8).

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Sidang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD RI yang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dihadiri oleh 435 anggota

Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020 dihadiri oleh 435 anggota yang terdiri atas 161 anggota hadir secara fisik di Gedung Parlemen Senayan dan 274 anggota mengikuti sidang secara virtual.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir secara fisik 161 anggota dan kehadiran virtual 274 anggota, yang diundang hadir pada hari ini baik yang fisik maupun virtual dan telah menandatangani daftar hadir," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam sambutannya di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan ketentuan pasal 66 ayat 5 Peraturan Tata Tertib MPR, pasal 281 ayat 1 dan pasal 254 ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPR RI, serta pasal 264 ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPD RI, Sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka, tambah Bambang.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga mengikuti Sidang Tahunan secara virtual melalui sambungan telekonferensi.

Sidang Tahunan kali ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi COVID-19. Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, seluruh pimpinan dan anggota Sidang menerapkan jarak fisik dan mengenakan masker selama hadir di Gedung Parlemen Senayan.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dimulai pada Jumat pagi pukul 09.00 - 11.00 WIB, yang dimulai dengan agenda pembukaan dan pidato pengantar oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Acara dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPR Puan Maharani, sebelum Pidato Presiden Joko Widodo.

Editor : Taat Ujianto
Sumber : Antara