• News

  • Ekonomi Makro

Miris, Lima Ibu Kota Kabupaten di Papua dan Papua Barat Belum Berlistrik

Presiden Jokowi saat mengunjungi Papua beberapa waktu lalu sempat diteriaki, Lampu,lampu, Pak. (beritajokowi.com)
Presiden Jokowi saat mengunjungi Papua beberapa waktu lalu sempat diteriaki, Lampu,lampu, Pak. (beritajokowi.com)

JAYAPURA, NETRALNEWS.COM - Miris sekali, saat ini masih ada ibu kota kabupaten di Papua dan Papua Barat yang belum teraliri listrik negara.Itu pengakuan General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Yohanes Sukrislismono.

"Ada lima ibu kota kabupaten yaitu Kabupaten Yahukimo, Deyai, Teluk Wondama, Raja Ampat, dan Kabupaten Pegunungan Arfak," kata Yohanes, di Jayapura, Jumat (30/6/2016).

Pihaknya berencana pada17 Agustus ini harus meresmikan ibu kota kabupaten tersebut menjadi berlistrik.

"Ada pun 14 kabupaten lagi yang harus terealisasi listriknya di wilayah Papua maupun Papua Barat di antaranya seperti Pegunungan Jayawijaya dan beberapa wilayah lainnya," ujarnya lagi.

Dalam Program Papua Terang yang mempunyai batas waktu sampai dengan 2019 tersebut memiliki target Ratio Elektrifikasi (RE) sampai dengan 90,25 persen di Papua dan Papua Barat.

Menurutnya, dalam mewujudkan Papua Terang semuanya tidak berjalan dengan mulus karena banyak kendala yang dihadapi PLN untuk melistriki Papua dan Papua Barat.

"Kendala-kendala yang kerap dihadapi PLN dalam mewujudkan Papua Terang seperti proses pembebasan lahan, izin lokasi di kawasan cagar alam, hutan lindung maupun hutan produksi," katanya.

Menurut dia, kendala lainnya adalah akses transportasi yang terbatas, kondisi geografis seperti pegunungan, kerapatan yang rendah, dan wilayah yang luas, juga minim perusahaan penyedia jasa ketenagalistrikan pendukung.

Editor : Marcel Rombe Baan