• News

  • Ekonomi Makro

Menjelang ‘Peringatan Hari Oeang‘ Kemenkeu Selenggarakan Kegiatan Bersih Pantai

Kemenkeu Bersih Pantai
Istimewa
Kemenkeu Bersih Pantai" di Pantai Tanjung Pasir, Neglasari Tangerang pada Jumat, (11/10/2019).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam rangka menuju peringatan Hari Oeang tiap tanggal 30 Oktober, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan acara "Kemenkeu Bersih Pantai" di Pantai Tanjung Pasir, Neglasari Tangerang pada Jumat, (11/10/2019).

Menteri Keuangan Sri Mulyanimengatakan, Indonesia adalah negara besar dengan penduduk yang banyak dan bahkan di Pulau Jawa menjadi salah satu pulau terpadat. Oleh karenanya, isu lingkungan dan kebersihannya tidak akan pernah hilang tanpa masyarakat ikut peduli dan berpartisipasi menjaganya.

"Oleh karena itu di dalam kita memperingati Hari Oeang kita tidak hanya berpikir mengenai uang, tapi dengan uang banyak kalau lingkungan rusak dan kotor itu sama sekali tidak memberikan kualitas hidup," ujar Sri Mulyani, Jumat (11/10/2019).

Acara ini sekaligus bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengendalian masalah sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

"Cara kita hidup akan menentukan bentuk kualitas dan jumlah sampah. Saat ini Indonesia harus mulai memikirkan tidak hanya memikirkan menumbuhkan ekonomi tetapi juga menangani sampah. Sampah yang sering kita lihat adalah sampah berbentuk plastik. Menurut Race for Water Organisation, 50 kg sampah plastik dihasilkan perorang pertahun. Kalau kita orangnya 260 juta, itu angka yang luar biasa. Lima (5) sampai 10 persennya dibuang di lautan. Indonesia dikenal peringkat 2 dunia sebagai penghasil sampah plastik di laut. Oleh karena itu, kita perlu terus menciptakan kesadaran dan mendevelop kesadaran secara sistematis. Kalau kita tidak berfikir strategis dan sistematis menganani sampah maka kita akan hidup dengan sampah," paparnya.

Dalam acara tersebut Kemenkeu juga menyerahkan tempat sampah untuk digunakan pengunjung dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Pantai Tanjung Pasir.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut melibatkan sekitar 300 peserta yang terdiri dari pegawai Kementerian Keuangan, mahasiswa, dan anggota Jakarta Angler Community serta perwakilan Bupati Tangerang.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati