• News

  • Ekonomi Makro

Perusahaan Akan Investasi jika Pemain dari Pemerintah Baik

Kantor PT Pertamina (feb.unair.ac.id)
Kantor PT Pertamina (feb.unair.ac.id)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika GCG sektor migas atau energi Indonesia baik, maka pemain atau perusahaan akan tertarik untuk berinvestasi.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Andang Bachtiar minta agar pemerintah dan DPR perhatikan secara serius penetapan kebijakan dan aturan yang khusus terkait kegiatan eksplorasi migas guna menjamin ketahanan energi nasional yang berkelanjutan.

Untuk itu Pertamina harus diberi peran khusus untuk mengelola dana migas (petroleum fund) guna mendukung kegiatan eksplorasi yang akan meningkatkan cadangan terbukti migas nasional.

"Dalam 3-4 tahun ke depan, BUMN migas kita juga harus siap untuk melanjutkan pengelolaan sekitar 20 kontrak migas yang berakhir masa kontraknya. Dalam kondisi demikian, maka aspek GCG Pertamina menjadi semakin mendesak untuk diatur, yakni dalam UU Migas yang baru," kata Andang, Senin (31/10/2016).

Sejumlah pihak sepakat intervensi dari pihak-pihak di luar korporasi atau lembaga sering terjadi, menimbulkan KKN, serta telah menghambat kemajuan korporasi dan optimasi penerimaan negara.

Penerapan GCG pun memerlukan konsistensi dalam pelaksanaan peraturan dan tidak sering berubah. Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip GCG perlu diiringi dengan ketentuan penerapan sanksi hukum.

Oleh sebab itu aspek GCG penting untuk diatur dalam hierarki peraturan yang lebih tinggi, sehingga ketika ada pelanggaran  hukum, pelakunya dapat dikenakan sanksi.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin