• News

  • Ekonomi Makro

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Kuartal I jadi Terburuk Selama Tujuh Tahun Terakhir

Ilustrasi Pertumbuhan (klikbekasi.co)
Ilustrasi Pertumbuhan (klikbekasi.co)

NEW YORK, NETRALNEWS.COM - Survei yang dilakukan menunjukkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada kuartal I-2016 diyakini jadi yang terburuk dalam tujuh tahun terakhir.

Produk domestik bruto diprediksi mencapai 6,6 persen. Untuk pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2016, para ekonom memproyeksikan angka 6,3 persen.

Angka ini meleset di bawah target pemerintah yang berkisar 6,5 hingga 7 persen dan realisasi tahun 2015 yang mencapai 6,9 persen.

Data resmi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2016 akan dipublikasikan oleh Biro Statistik Nasional Tiongkok pada Jumat (15/4/2016) mendatang.

Setelah beberapa tahun mengalami pertumbuhan yang bombastis, perekonomian Negeri Tirai Bambu kini melambat. Kondisi ini banyak dipengaruhi upaya pemerintah yang ingin menggeser mesin pertumbuhan dari manufaktur ke sektor jasa.

Tidak hanya itu, perekonomian juga dilukai oleh tingginya utang setelah bertahun-tahun mengucurkan pinjaman secara agresif.

"Kesuksesan perimbangan ekonomi China dalam beberapa tahun mendatang akan bergantung pada kemampuan pemerintah menjaga tingkat likuiditas sistem keuangan sekaligus mengurangi utang perbankan dan menggenjot pasar surat utang negara," kata Peter Donisanu dari Wells Fargo.

Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : CNN