• News

  • Gaya Hidup

Begini Penataan Kamar Pembawa Keberuntungan

Begini penataan kamar membawa keberuntungan.
Pinterest
Begini penataan kamar membawa keberuntungan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ternyata menata kamar juga ada aturannya. Kamar bukan sekadar untuk tidur dan bercengkerama dengan pasangan.

Menata kamar sesuai dengan aturan feng shui kamar tidur bisa membantu Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Dilansir dari berbagaituran feng shui terrasuk dari decoruma, kamar tidur pada dasarnya mengatur pergerakan elemen alam pada bangunan. Aspek-aspek yang diperhatikan adalah cahaya, suara, dan warna. Dengan memperhatikan aspek-aspek feng shui kamar tidur, energi positif dipercaya akan mengalir ke sekeliling ruangan, sehingga tercipta harmoni ruangan yang nyaman dan tenang untuk membantumu tidur lebih nyenyak.

Ingin merasakan tidur lebih nyenyak dan merasakan manfaatnya? Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan tentang feng shui kamar tidur.

Menentukan Lokasi
Dalam menentukan lokasi yang tepat sesuai dengan aturan feng shui kamar tidur, aspek yang diperhatikan adalah sumber bising (suara), suhu ruangan, dan sirkulasi udara. Letak kamar menurut feng shui kamar tidur idealnya jauh dari ruang keluarga dan kamar tidur lain, kedua ruangan ini sering digunakan dan cenderung bising.

Perhatikan Arah
Penempatan kasur dalam feng shui kamar tidur merupakan sesuatu yang krusial. Yang terpenting, letak ranjang tidak boleh sejajar dan terlalu dekat dengan pintu.

Pintu harus langsung terbuka ke arah ranjang, tapi tidak langsung berhadap-hadapan. Menurut aturan feng shui kamar tidur, pintu  merupakan penyalur jalan masuknya energi dari luar, apabila ranjang dan pintu langsung berhadap-hadapan, energi dari luar bisa mengganggu tidurmu dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Aturan feng shui kamar tidur juga mementingkan terciptanya rasa aman sebelum tidur. Menggunakan ranjang dengan headboard pilihan, kasur yang empuk, dan tidak menempatkan lampu gantung di atas ranjang dapat meningkatkan rasa aman. Arah ranjang yang benar menurut feng shui kamar tidur berbeda-beda bagi setiap orang. Ini tergantung arah mata angin apa yang jadi keberuntunganmu.

Pakai Skin Color
Aturan feng shui kamar tidur menghindari penggunaan warna-warna mencolok sebagai warna utama, termasuk untuk warna sprei, gorden, dan cat dinding.

Feng shui kamar tidur mengutamakan penggunaan warna kulit seperti cokelat dan krem, karena warna cerah cenderung membuat kamu tetap terjaga.
Alternatif penggunaan warna cerah dalam feng shui kamar tidur adalah digunakan sebagai aksen atau diseimbangkan dengan pencahayaan lampu yang lebih redup.

Dekorasi
Berdasarkan feng shui kamar tidur, sebaiknya furnitur berukuran besar tidak ditempatkan di sebelah ranjang karena cenderung memberi kesan intimidatif yang membuat sulit tidur. Ranjang juga tidak boleh berseberangan dengan cermin di kamar.

Hal ini disebabkan sifat manusia yang sensitif terhadap pergerakan yang terlihat. Bukannya tidur, kamu jadi ingin berkaca.
Lukisan atau artwork yang dipajang sebaiknya juga memberikan energi positif dan menginspirasi. Hindari elemen dekorasi yang berbau kekerasan dan melankolis, ini akan mempengaruhi suasana hatimu menjelang tidur.

Pencahayaan
Dalam aspek pencahayaan, aturan feng shui kamar tidur mengutamakan lampu yang lebih redup untuk menciptakan atmosfer yang lebih rileks dan tentram. Anda juga bisa menggunakan lilin-lilin aromaterapi.

Menurut feng shui kamar tidur, manfaat aromaterapi antara lain bisa membersihkan energi kotor yang ada di sekitar kamar. Selain membantumu lebih rileks, suasana kamar juga menjadi lebih hangat, dijamin tidur semakin pulas.

Editor : Sulha Handayani