• News

  • Gaya Hidup

Bentengi Tubuh Anda dari Gangguan COVID-19 dengan Oregano

Tanaman oregano banyak memberi manfaat kesehatan.
Tanaman Sehat
Tanaman oregano banyak memberi manfaat kesehatan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di tengah maraknya virus corona atau COVID-19, ternyata daya tahan tubuh Anda dapat dibantu denga mengonsumsi oregano. Mulai sekarng masukkanlah oregano pada tiap masakan Anda.

Bukan hanya menimbulkan wangi yang sedap, tapi juga dapat dijadikan penambabh kenikmatan hidangan masakan Anda.
Oregano adalah tanaman herbal yang mengagumkan. Oregano dapat dimanfaatkan untuk masakan, juga sebagai kebutuhan pengobatan.

Kata “oregano” berarti ‘gunung kebahagiaan’. Tanaman ini juga dipercaya sebagai simbol kebahagiaan oleh bangsa Yunani kuno dan Roma.

Itulah mengapa lukisan-lukisan sering memperlihatkan seorang pengantin perempuan mengenakan mahkota dari rangkaian oregano.
Oregano banyak terdapat di dalam masakan Mediterania.

Walaupun begitu, di Amerika oregano sering diasosiasikan pada bumbu pizza. Oregano mengandung vitamin A, C, E, dan K. Selain itu, ia juga mengandung fiber, folat, zat besi, magnesium, kalsium, dan vitamin B6. Semua kandungan itu bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari aman dokterindoensia, berikut adalah manfaat daun oregano bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan khasiat dari oregano ini, tidak hanya dapat dilakukan dengan cara mencampurkan daun oregano kering di masakan, namun bisa juga diambil ekstraknya sampai dapat juga diseduh daunnya sebagai teh.

Antioksidan
Oregano bermanfaat sebagai antioksidan yang mendorong sistem imun tubuh. Oregano mengandung sebuah zat aktif yang bernama asam rosmarinik, yaitu sebuah antioksidan yang kuat untuk membantu sistem imun tubuh. Oregano memiliki tingkat antioksidan tertinggi, yaitu 42 kali lebih besar dibandingkan dengan antioksidan yang terdapat di dalam apel.

Antijamur, Antibakteri, dan Membunuh MRSA
Oregano mengandung carvacol dan thymol yang berguna sebagai antimikroba yang kuat. Sebuah riset membuktikan bahwa minyak oregano dapat membunuh patogen Listeria dan membunuh bakteri MRSA ( Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) dengan cara menambahkannya pada sabun pencuci tangan dan desinfektan. MRSA adalah infeksi akibat serangan bakteri yang tahan terhadap antibiotik.

Antiperadangan
Oregano mengandung betakarofilin (E-BCP). sebuah substansi yang dapat menghambat osteoforosis dan arteriosklerosis.

Berguna untuk ISPA
Oregano berpotensi sebagai antivirus. Sebuah inhaler (spray) yang mengandung minyak esensial dari lima tumbuhan, termasuk oregano, terbukti dapat mengurangi simtom ISPA dengan seketika. Oregano juga bisa digunakan saat demam atau flu.

Mencegah Kanker
Oregano dipercaya bisa membantu mencegah dan melawan kanker . Ia bisa menjadi antikanker prostat, kulit, payudara, bahkan leukemia.
Selain kelima khasiat di atas, oregano pun berkhasiat untuk nyeri otot, mengatasi jerawat, ketombe, bronkitis, sakit gigi, perut kembung, sakit kepala, alergi, parasit usus, sakit telinga, kelelahan, dan sakit saat menstruasi. Bahkan oregano bisa digunakan untuk mengusir serangga.

Oregano dikenal juga sebagai obat untuk menghilangkan jamur di kulit atau kuku.

Editor : Sulha Handayani