• News

  • Gaya Hidup

Mampu Menahan Lapar dan Menurunkan Berat Barat, Inilah Manfaat Daun Methi

Daun methi disinyalir mampu menurunkan berat bada.
Daun methi disinyalir mampu menurunkan berat bada.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Methi atau disebut juga dengan fenugreek, kelabat dan juga klabet adalah tanaman berkhasiat yang bisa dimanfaatkan pada bagian biji serta daun sebagai pengobatan herbal dan juga salah satu rempah.

Bagian biji methi ini umumnya dipakai sebagai bumbu kari pada masakan dan tanaman methi ini sudah dipakai sejak jaman Yunani kuno sehingga memiliki nilai jual yang lumayan sebab berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya.

Dalam tanaman methi mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, air, karbohidrat, protein, zat besi dan juga kalsium yang semuanya ini sangat diperlukan untuk tubuh. Dilansir dari berbagai laman, berikut manfaat daun Methi yang bisa Anda konsumsi dengan cara meminumnya.

Menunda Rasa Lapar
Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, maka bisa menggunakan methi sehingga bisa merasa kenyang dalam 1 hari. Caranya adalah dengan merendam 1 cangkir biji methi selama 1 malam dan saring esok paginya kemudian langsung konsumsi biji methi ini dalam keadaan basah dan sebelum kamu makan apapun.

Menurunkan Berat Badan
Untuk Anda yang ingin menurunkan badan secara cepat bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan biji methi ini. Caranya adalah dengan memanggang atau sangrai biji methi dan haluskan sampai menjadi bubuk. Campu bubuk methi ini dengan air hangat dan dikonsumsi setiap pagi saat perut masih kosong.

Mengontrol Diabetes
Untuk penderita diabetes juga bisa mengontrol penyakit diabetes tersebut dengan menggunakan methi. Caranya dengan menghaluskan biji methi dengan sedikit air sampai menjadi pasta lalu direbus dengan air sampai mendidih. Tambahkan kayu manis atau jahe sebagai penambah rasa dan lanjutkan merebus sampai 5 menit. Konsumsi rebusan methi ini setiap pagi dalam keadaan perut yang kosong.

Menjaga Kesehatan Tulang
Dalam tanaman methi mengandung kalsium yang cukup tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis penyebab tulang rapuh.

Sumber Tenaga
Untuk penambah tenaga tubuh juga bisa didapat dari biji methi yang memiliki kandungan energi cukup sehingga stamina tubuh bisa lebih ditingkatkan dan mencegah rasa letih saat beraktivitas sehari-hari.

Mencegah Anemia
Dalam tanaman methi juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk mencegah sakit anemia. Anemia ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah dan zat besi menjadi senyawa yang penting dalam memproduksi sel darah merah.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol tinggi yang menjadi sumber berbagai penyakit ini juga bisa diatasi dengan memanfaatkan biji methi ini. Konsumsi biji methi secara teratur sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh bisa dikontrol dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi tersebut.

Anti Dehidrasi
Methi juga mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga kamu akan terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi karena kurangnya kadar air di dalam tubuh dan ini bisa tercukupi dengan mengkonsumi biji methi secara rutin sambil tentunya dibarengi dengan mengkonsumsi air putih secara teratur.

Editor : Sulha Handayani