• News

  • Gaya Hidup

Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh,Mengonsumsi Daun Melinjo Dibutuhkan saat Pandemi Corona

Daun melinjo meningkatkan kekebalan tubuh
Halosehat
Daun melinjo meningkatkan kekebalan tubuh

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Melinjo adalah buah yang dihasilkan dari pohon melinjo. Kebanyakan orang mengenal melinjo dari buahnya, yang diolah menjadi emping, atau pucuk daunnya yang  juga dapat diolah menjadi masakan berupa tumis daun melinjo.

Ada juga yang dijadikan bahan pelengkap sayur asem, melengkapi bahan lain seperti jagung manis, labu, dan kacang panjang. Uniknya, penelitian yang dilakukan Prof Dr H Subandi MSI  dan Sri Wulandari dari jurusan Kimia Universitas Negeri Malang, seperti dikutip dari karya-ilmiah.um.ac.id, ternyata membuktikan ekstrak etanol kulit melinjo muda malah dapat menghambat dan juga menghancurkan kinerja xantin oksidase-enzim, penyintesis asam urat, dan berkhasiat untuk mencegah penyakit asam urat atau gout.

Manfaat Daun Melinjo bagi Kesehatan
Manfaat daun melinjo bagi kesehatan dapat dilihat dari zat-zat yang terkandung di dalam tanaman dengan nama ilmiah Gnetum gnemon L. tersebut.

Berikut ini adalah manfaat daun melinjo yang perlu Anda ketahui dilansir dari berbagai sumber termasuk laman Wnntenews

Mengatasi Infeksi Bakteri
Manfaat daun melinjo yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Efektivitas daun melinjo dalam mengatasi infeksi bakteri ini tak lepas dari kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiganya menurut penelitian memiliki sifat antibakteri.

Flavonoid, misalnya. Senyawa fenol ini memiliki mekanisme kerja menembus dinding sel bakteri untuk kemudian merusaknya, pun mengendapkan protein dari sel bakteri tersebut. Cara kerja yang sama juga berlaku untuk senyawa lainnya yakni tanin.

Menghalau Radikal Bebas
Manfaat daun melinjo selanjutnya adalah untuk menghalau serangan radikal bebas. Dalam uji lab yang dilakukan oleh sebuah penelitian pada tahun 2002, ekstrak melinjo—termasuk daunnya—menunjukkan reaksi terhadap ‘kehadiran’ radikal bebas. Meskipun begitu, bukti ini masih memerlukan analisis lebih lanjut.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Pada studi yang lainnya, ditemukan fakta bahwa daun melinjo (juga buahnya) efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kandungan senyawa pada daun melinjo menurut hasil penelitian tersebut  dapat meningkatkan produksi komponen sistem kekebalan tubuh.
Akan tetapi, manfaat daun melinjo yang satu ini juga belum dikatakan kuat oleh karena studi yang telah dilakukan masih menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitiannya. Perlu adanya studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun melinjo dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker
Kembali lagi ke kandungan antioksidan pada daun melinjo, hal ini lantas juga menghasilkan manfaat daun melinjo yang sangat besar yaitu meminimalisir risiko penyakit kanker.

Kanker adalah penyakit yang berawal dari rusaknya sel-sel tubuh. Mengapa sel-sel tubuh bisa rusak? Jawabannya karena adanya serangan radikal bebas. Nah, fungsi dari zat antioksidan adalah untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sebelum merusak sel tubuh.
Dengan begitu, risiko Anda untuk terkena penyakit kanker dapat diminimalisir. Guna mendapatkan manfaat daun melinjo yang satu ini, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin baik dimakan secara langsung atau meminum air rebusannya.

Riset empiris tersebut juga mengungkapkan, kulit melinjo mengandung asam askorbat, tokoferol, flavonoid, saponin, dan polifenol, sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya inhibisi terhadap aktivitas xantin oksidase. Dan proses perebusan dapat meningkatkan aktivitas antioksidannya. Karena itu, metabolit sekundar dalam kulit biji lezat ini cukup efektif untuk mencegah dan mengobati asam urat.

Editor : Sulha Handayani