• News

  • Gaya Hidup

Jangan Salah Memosisikan Tempat Tidur, Ini Akibatnya

Posisi tempat tidur sangat berpengaruh pada kesehatan.
Property
Posisi tempat tidur sangat berpengaruh pada kesehatan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Jika kamar tidur Anda banyak memiliki jendela makan sangat baik bagi kesehatan. Tapi hati-hati salah meletakkan posisi tempat tidur, maka menurut feng shui bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan raga Anda.

Pakar Feng Shui Ferry Wong,  mengatakan jika bisa, jangan letakkan ranjang di antara jendela dan pintu. Anda akan berada di tengah-tengah “aliran” chi di antara kedua benda ini. Jika tidak terhindarkan, pastikan Anda memasang gorden untuk menghalau sejumlah energi negatif. Anda juga harus menghindari tidur menghadap jendela, atau tidur Anda tidak akan tenang.

Taruhlah karya-karya seni inspiratif dalam kamar tidur Anda. Gantung gambar-gambar yang menenangkan seperti pemandangan alam, atau tempat lain yang menginspirasi Anda. Pilih sejumlah pemandangan netral, gambar yang memotivasi Anda untuk menggapai impian, atau sesuatu yang membuat pikiran tenang dan damai.

Sementara dikutip dari buku Feng Shui karya Lina Wang,  apa pun yang terlalu terang-terangan, sadis, atau mengganggu tidak cocok berada di dalam kamar Anda. Letakkan gambar-gambar paling inspiratif sepanjang jarak pandang Anda, sehingga itulah hal pertama yang Anda lihat saat bangun tidur.

Selain itu atur kesetaraan. Aturlah agar ruang pada kedua sisi ranjang atau perabotan sama besar. Orang harus dapat mudah berjalan di satu sisi ruangan dan sisi lainnya dalam batasan tertentu. Meletakkan perabotan tentu saja dapat menciptakan ketidaksamaan ruang, tapi umumnya Anda harus mencegah banyak barang terbengkalai di satu sisi ruangan saja, atau itu dapat menyebabkan perpecahan dalam salah satu ruangan paling penting ini.

Singkirkan pakaian-pakaian yang tidak lagi Anda pakai. Buka lemari dan laci baju dan keluarkan semua pakaian yang sudah tidak pernah Anda kenakan dalam setahun terakhir. Sumbangkan pakaian-pakaian ini, atau berikan pada teman/kenalan jika cocok untuk mereka. Meskipun Anda tidak melihat pakaian-pakaian tua ini, menyimpannya dalam kamar tidur dapat mencegah kesempatan-kesempatan baru datang pada Anda.

Jangan pajang foto kenalan atau teman yang “mengawasi Anda”. Anda boleh menyimpan beberapa foto keluarga penting dalam kamar tidur, tapi jangan memberantakkan kamar dengan foto-foto orang di mana-mana, atau Anda akan merasa seperti sedang diawasi dan menjadi gelisah. Hal yang sama berlaku untuk foto tokoh agama.

Pastikan kamar tidur Anda tidak penuh sesak. Pertahankan kamar tidur Anda selega dan sesederhana mungkin. Jangan tambahkan kursi ekstra, lampu, atau lukisan dalam kamar tidur jika Anda tidak yakin apakah benda-benda itu sungguh diperlukan. Semakin banyak barang di sana, semakin sulit mencari keseimbangan.

Singkirkan semua kekacauan. Demi mendapat Feng Shui yang optimal, singkirkan setiap kertas berlebih, sampah, manik-manik, foto-foto konyol, bingkisan tidak berguna, atau apa pun yang tidak Anda perlukan di sana.

Bila Anda memiliki ikatan emosional dengan beberapa benda, Anda dapat meletakkannya dalam gudang atau ruangan lain, namun usahakan meminimalisir barang-barang dalam kamar tidur. Memiliki kamar tidur yang lega dan rapi akan menuntun Anda kepada kehidupan yang rapi dan memuaskan.

Editor : Sulha Handayani