• News

  • Gaya Hidup

Bikin Boros, Ini 5 Aplikasi Terbanyak Menyedot Kuota, Begini Mengatasinya

Ilustrasi
Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda sudah membeli paket internet belasan gigabytes tapi seringkali tidak pernah terasa cukup? Baru beberapa hari digunakan, kuota internet untuk jatah satu bulan sudah habis setengahnya? Jika Anda mengalami masalah tersebut, penggunaan aplikasi ini bisa jadi adalah penyebabnya.

Beberapa aplikasi di smartphone, khususnya aplikasi sosial media, pasti dimiliki oleh hampir semua pemilik smartphone. Akan tetapi, disadari atau tidak, penggunaan aplikasi tersebut seringkali menjadi penyebab mengapa kuota internet Anda menjadi cepat habis. 

Pemakaian hingga lupa waktu dan sifat aplikasi yang tetap menyedot data internet meski sedang tidak digunakan bisa jadi merupakan alasan utama mengapa kuota Anda cepat sekali habis.

Tahukah Anda aplikasi apa yang sering terpasang di smartphone dan banyak menyedot kuota internet? Apakah ada cara agar penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut tidak banyak mengonsumsi data internet sehingga tidak memaksa Anda untuk sering membeli paket data internet? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak 7 aplikasi yang banyak menyedot kuota dan cara untuk mengatasinya berikut ini. 

1. Instagram

Berbasis foto dan juga video, tidak mengherankan jika Instagram menjadi aplikasi smartphone yang cukup boros menyedot kuota internet Anda. Setiap kali pengguna Instagram melihat gambar dan juga memutar video, kuota internet akan tersedot secara terus menerus. Belum lagi gambar dari foto dan video di aplikasi tersebut memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga membutuhkan lebih banyak data internet untuk mengunduhnya. 

Untuk mengatasi banyaknya kuota internet yang dikonsumsi oleh Instagram, Anda dapat menghidupkan fitur Data Saver atau Penghemat Data yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut. Sangat mudah, Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan cara membuka Setting di Instagram, pilih Account, dan ketuk Cellular Data Use. Setelah itu, nyalakan fitur Data Saver dan Instagram tidak akan secara otomatis memutar video yang dapat membuat kuota internet lebih cepat habis. 

2. Facebook

Selaras dengan Instagram, Facebook juga tergolong sebagai aplikasi media sosial yang berisi cukup banyak gambar dan video dan mampu menghabiskan kuota internet dalam sekejap. Jika digunakan secara terus-menerus, tentu tidak butuh waktu lama untuk aplikasi tersebut menyedot semua kuota internet Anda.

Hampir mirip dengan Instagram, Anda dapat menghemat penggunaan kuota internet di Facebook dengan mematikan fitur autoplay video. Caranya, masuk ke menu Pengaturan di aplikasi Facebook, ketuk Pengaturan Akun, kemudian Video dan Foto, lalu Autoplay. Pilih pengaktifan fitur autoplay tersebut saat smartphone memiliki koneksi Wi-Fi saja atau Never Autoplay Videos jika ingin benar-benar menonaktifkan fitur tersebut. 

3. YouTube

Bagi penikmat Youtube, Anda pasti tahu jika aplikasi tersebut sangat banyak memakan kuota internet. Untuk satu video 10 menit berkualitas HD saja, Anda bisa saja menghabiskan kuota internet sebanyak ratusan MB. Untuk menghematnya, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi Youtube hanya saat memiliki akses internet dari Wi-Fi melalui menu pengaturan, atau mengunduh video yang ingin ditonton terlebih dahulu. 

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan paket data yang menyediakan kuota khusus untuk Youtube. Anda bisa beli paket internet Telkomsel murah dan unlimited yang menyediakan kuota khusus untuk Youtube. Paket ini juga diaktifkan per hari sehingga bisa Anda gunakan jika memang sedang butuh saja.

4. Netflix

Kebanyakan orang mungkin menonton Netflix melalui komputer atau laptop dengan menggunakan koneksi internet Wi-Fi. Namun, tak jarang pengguna aplikasi tersebut ingin melanjutkan menonton film atau serial Netflix di smartphone. 

Agar lebih hemat kuota, Anda dapat menurunkan kualitas atau resolusi videonya saat streaming menggunakan paket data. Caranya, pergi ke Pengaturan Aplikasi, pilih Cellular Data Usage, lalu matikan set otomatis pada kualitas streaming. Untuk kualitas yang rendah, Anda dapat menonton selama 4 jam dan kuota internet yang terpakai hanyalah 1 GB. 

Mirip dengan aplikasi Youtube, Anda juga bisa menggunakan paket dengan kuota netflix khusus seperti paket internet 3 murah 10+10 yang memberikan kuota 10GB khusus untuk Netflix dan 10GB kuota utama. Lebih hemat bukan?

5. Snapchat

Aplikasi terakhir yang mungkin menjadi penyebab mengapa kuota internet cepat habis adalah Snapchat. Meski tidak sebanyak aplikasi yang telah disebutkan di atas, sebagian orang masih sering menggunakan aplikasi ini. Yang membuat boros kuota, isi dari aplikasi Snapchat adalah Snaps dan juga Stories yang dibagikan oleh pengguna aplikasi yang lain.

Agar bisa lebih hemat, Anda dapat menyalakan fitur Travel Mode. Fitur tersebut banyak dianggap sebagai fitur tersembunyi karena tidak semua pengguna Snapchat yang mengetahui bahwa fitur tersebut ada. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, waktu untuk membuat Stories atau Snaps akan menjadi sedikit lebih lama dan mampu membuat kuota internet menjadi lebih hemat. 

Tidak Ada Lagi Alasan untuk Sering Membeli Paket Data Internet

Kebanyakan dari aplikasi yang disebutkan di atas adalah aplikasi yang dimiliki oleh hampir semua pengguna smartphone.

Namun, tanpa disadari, aplikasi tersebut mampu menyedot kuota internet dalam jumlah besar sehingga membuat Anda lebih sering membeli paket data internet.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda dan membuat pengeluaran kian membengkak, pastikan untuk mengikuti cara menghemat kuota dari masing-masing aplikasi yang telah dijelaskan di atas. 

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya