• News

  • Gaya Hidup

Mampu Membunuh Bakteri dan Tingkatkan Imun, Silakan Konsumsi Daun Cengkeh

 Mampu embunuh bakteri dan tingkatkan imun, silakan konsumsi daun cengkeh.
Dedaunan
Mampu embunuh bakteri dan tingkatkan imun, silakan konsumsi daun cengkeh.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Biasanya cengkeh digunakan unuk pengharum masakan dan minuman. Rempah-rempah ini selain digunakan untuk campuran minuman, biasa juga dikunyah sebagai penyegar mulut.

Namun, dibalik harum daun cengekah, banyak manfaat yang dapat dirasakan jika Anda mengonsumsi campuran cengkeh tersebut.
Daun cengkeh dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan, sampai mampu untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, termasuk laman manfaat dedaunan, inilah manfaat daun cengkeh.

Menjaga Fungsi Hati
Kandungan antioksidan pada cengkeh dapat menjaga fungsi hati lebih ideal dengan cara melindungi organ dari dampak radikal bebas. Untuk efek jangka panjangnya, metabolisme mampu memperkuat produksi radikal bebas dan profil lipid, serta meminimalisir antioksidan di hati. Cengkeh mempunyai sifat hepatoprotektor yang dapat membantu untuk menangkal efek tersebut.

Mengatasi Tukak Lambung
Tukak lambung terjadi karena asam lambung atau lendir lambung menipis. Nah, manfaat cengkeh dapat dirasakan dalam mengobati tukak lambung. Cengkeh mengandung minyak esensial yang mampu meningkatkan produksi lendir lambung. Jika produksi lendir lambung meningkat, maka bisa mencegah asam lambung serta adanya luka di dinding lambung karena cairan asam lambung.

Memperkuat Sistem Imun
Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat memperkuat sistem imun sebagai bentuk daya tahan tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat pada kuncup bunga kering cengkeh dapat membantu perkuat sistem imun tubuh dengan menambah produksi leukosit/sel darah putih.

Cengkeh sangat berguna bagi kesehatan untuk membersihkan racun mematikan dan mikroba dari dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan anti-inflamasi pada cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi infeksi dan peradangan.

Mampu Membunuh Bakteri
Faktanya, cengkeh juga mampu membunuh bakteri karena ia mempunyai sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini bisa mencegah bakteri untuk tumbuh. Minyak cengkeh telah teruji efektif membasmi tiga macam bakteri termasuk bakteri penyebab diare, E-Coli.

Selain itu, sifat antibakteri ini pun mampu membantu kesehatan mulut tetap terjaga karena senyawa pada cengkeh dapat mencegah pertumbuhan dua bakteri penyebab penyakit gusi.

Menghilangkan Jerawat
Manfaat dari cengkeh pertama adalah dalam hal kecantikan yakni dapat menghilangkan jerawat pada kulit. Kandungan antimikroba tinggi pada minyak cengkeh dapat membantu atasi jerawat kulit. Minyak cengkeh sudah teruji mampu mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococcus pemicu jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo.

Bukan itu saja, minyak cengkeh juga mampu menyingkirkan guratan-guratan pada kulit dan membantu membuat kulit semakin lembut. Cara mengobatinya ialah dengan mengusapkan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan madu ke daerah kulit yang berjerawat. Setelah daerah kulit mengering, barulah basuh dengan air bersih.

Editor : Sulha Handayani