• News

  • Healthy Life

Kulit Anda Mulai Mengendur? Ini Penyebabnya

Ilustrasi kulit yang mulai mengendur
independent
Ilustrasi kulit yang mulai mengendur

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Dikatakan oleh dr. Sondang Aemiria P. Sirait, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, kulit yang mengendur disebabkan oleh beberapa faktor. 

Pertama, kulit epidermis menjadi lebih tipis pada orang yang bertambah usia atau orang tua. Kedua, kulit lapisan dalam, yaitu dermis (kulit jengat) menjadi lebih tipis akibat berkurangnya jumlah serabut kolagen, serabut elastik, dan "ground substance" (materi kenyal diantara serabut kolagen). 

Ketiga, berkurangnya lapisan lemak di bawah kulit yang berfungsi sebagai penunjang kulit. 

Seluruh proses ini berlangsung secara alami, dan akan dialami oleh semua orang. Perbedaannya hanya pada kecepatan proses penuaan, bisa ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat. 

Tujuan pengobatan dan perawatan yang sering kita lakukan adalah hanya untuk memperlambat proses penuaan dini, bukan menghentikannya. 

Treatment terbaik untuk pengencangan kulit adalah dengan merawat kulit secara teratur, menjaga kebersihan kulit, tidak menggunakan kosmetika yang bersifat mengiritasi, menghindari sinar matahari berlebihan, dan makan makanan sehat. 

Lantas, benarkah buah kiwi bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit yang kendur?

Mengenai buah kiwi untuk menghaluskan dan mengenyalkan kulit, menurut dr. Sondang, buah kiwi memang banyak mengandung Vitamin C. Bila dikonsumsi teratur dan dalam jumlah yang memadai, dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dan polusi. 

Sama halnya dengan berbagai antioksidan lainnya. Bila digunakan dalam bentuk krim yang dioleskan pada kulit, tapi belum tentu sama khasiatnya dengan yang dikonsumsi secara langsung. 

Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan perawatan dengan buah kiwi sendiri di rumah. Selain mudah didapatkan juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya