• News

  • Healthy Life

Benarkah Cokelat Hitam Bantu Dongkrak Gairah Seksual?

Cokelat hitam disinyalir bantu dongkrak gairah seksual.
Fitday
Cokelat hitam disinyalir bantu dongkrak gairah seksual.

JAKARTA, NNC - Kualitas hubungan seksual yang hangat dan menggairahkan menjadi salah satu faktor tercapainya keintiman antara suami istri. Jarangnya melakukan hubungan seksual akibat berbagai alasan lambat laun dapat menyebabkan hilangnya kehangatan satu sama lain.

Penyebabnya bisa dikarenakan menurunnya gairah seksual pada wanita di usia produktif. Namun, saat ini banyak penelitian yang menyatakan bahwa cokelat dapat membantu meningkatkan gairah seks. Benarkah?

Ada cara tradisional yang sudah banyak dilakukan dan dianggap ampuh membantu meningkatkan gairah seksual yaitu dengan mengonsumsi cokelat atau dark chocolate (ckoelat hitam).

Menurut DR.dr.Aji Hoesodo, dokter dan herbalis, kandungan PEA atau phenylethylamine pada cokelat bermanfaat untuk meningkatkan mood atau perasaan senang pada seseorang yang mengonsumsi cokelat tersebut.

Phenylethylamine secara alami dilepaskan oleh otak ketika orang sedang senang seperti saat jatuh cinta. Senyawa kimia ini meningkatkan produksi dopamin neurotransmitter, yang meningkatkan perasaan senang.

Cokelat juga mengandung L-arginine yaitu asam amino yang meningkatkan gairah seks pada pria dan wanita. L-arginine meningkatkan oksida nitrat dan meningkatkan aliran darah ke organ seksual sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan hasrat seksual.

Selain itu, cokelat juga mengandung senyawa theobromine yang bekerja pada sistem saraf pusat dan menyebabkan rangsangan dan bersemangat.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengonsumsi cokelat demi membantu meningkatkan gairah seksual dan menghangatkan hubungan ranjang pengantin, sebaiknya cokelat yang baik dikonsumsi adalah dark chocolate atau cokelat hitam.

Mengonsumsi secara rutin sebaiknya diusahakan agar tidak terlalu manis, unsweetened atau semi sweet. Cokelat yang efektif dan baik dikonsumsi adalah 28 gr sehari dengan kandungan cokelat atau cocoa di atas 65 persen. Cokelat ini dapat dikonsumsi sesuai selera sebanyak 3-4 kali seminggu.

Kalori Tinggi

Perlu diingat bahwa cokelat juga mengandung kalori yang tinggi. Tiap 28 gr cokelat mengandung kurang lebih 170 kalori. Jadi Anda harus bijaksana saat mengonsumi cokelat dengan mempertimbangkan asupan nutrisi lain. Sebagian produk cokelat mengandung bahan-bahan tambahan lemak, gula yang tinggi kalori.

Terlalu banyak mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Pada akhirnya dapat meningkatkan faktor risiko untuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Cokelat hitam mengandung kafein tetapi lebih rendah dari kopi dan kandungan vitamin cokelat cukup rendah. Bisa dikatakan, cokelat bukan sumber vitamin yang signifikan. Cokelat hanya memberikan delapan persen kalsium dan dua persen zat besi dari kebutuhan tubuh sehari-hari.

Selain itu, konsumsi cokelat tidak dianjurkan bagi mereka yang cepat menerima reaksi alergi pada tubuh. Penyebab reaksi alergi sesungguhnya campuran yang diberikan pada produk cokelat seperti susu, kacang, buah berry atau sejenisnya.

Tetapi, jika Anda belum yakin untuk mengonsumsi cokelat demi meningkatkan gairah seksual, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis langganan Anda agar tidak menimbulkan efek samping.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani