• News

  • Hukum

Bareskrim Serahkan Berkas Ustadz Alfian Tanjung ke Kejaksaan

Ustadz Alfian Tanjung.
Youtube
Ustadz Alfian Tanjung.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menyatakan berkas perkara Ustadz Alfian Tanjung dalam kasus terkait ceramahnya tentang PKI dan PKC di Masjid Mujahidin, Surabaya, telah lengkap.

Berkas perkara Ustadz Alfian Tanjung tersebut kini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari), sebagai penyerahan tahap 2 tindak lanjut P-21. Hal tersebut diungkapkan Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul dalam keterangannya, Jumat, (28/7/2017).

"Telah dilaksanakan penyerahan tahap 2, barang bukti dan tersangka Alfian Tanjung, dari penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri kepada Kejaksaan Negeri  Tanjung Perak Surabaya," kata Martinus.

Berkas Alfian dilimpahkan ke Kejaksaan Tanjung Perak dengan didampingi jaksa dari Kejagung RI dan Kejati Surabaya pada Rabu (26/7/2017) lalu. Alfian dibawa dari tahanan Bareskrim di Polda Metro Jaya ke Surabaya menggunakan pesawat.

"Penyerahan tahap 2 ini sebagai tindak lanjut P-21 Kejagung RI sebagaimana surat Jam Pidum Kejagung RI No. B-2448/E.4/Euh.1/07/2017 tanggal 24 Juli 2017," ujar Martinus.

Alfian dipersangkakan Pasal 156 KUHP atau Pasal 16 jo Pasal 4 b angka 2 UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Ras dan Etnis. Alfian ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan ceramahnya tentang PKI dan PKC di Masjid Mujahidin, Surabaya. Dia jadi tersangka dan ditahan sejak 30 Mei lalu.

Dalam ceramah yang tersebar di situs berbagi video YouTube, Alfian menyebut beberapa nama. Dia menyebut rapat-rapat di Istana saat ini dipimpin sederet kader PKI

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli