• News

  • Internasional

Mulai Diperbaiki Makam Yesus di Jerusalem


bbc indonesia

Berita Terkait

YERUSALEM, NETRALNEWS.COM - Tim ahli telah mulai merestorasi sebuah makam kuno di Yerusalem yang diyakini oleh sebagian warga Kristen sebagai lokasi Yesus dikuburkan.

Renovasi bangunan makam di dalam Gereja Suci (Church of the Holy Sepulchre) itu ditujukan untuk memperkuat strukturnya sekaligus melestarikan bangunan bersejarah tersebut.

Upaya perbaikan ini selama ini acap tertunda akibat persaingan dari tiga denominasi yang bertanggungjawab atas gereja tersebut.

Tetapi dalam perkembangan terbaru, pimpinan gereja Ortodok Yunani, Katolik Roma dan gereja Armenia akhirnya mampu mengesampingkan perbedaan, dan mendukung perbaikan makam tersebut.

"Kami sudah sepakat bahwa sudah saatnya direnovasi," kata Samuel Aghoyan, pimpinan gereja Armenia di Jerusalem.
Terbakar pada tahun 1810

Upaya perbaikan akan difokuskan pada Edicule atau kamar kuno yang diyakini oleh tempat tubuh Yesus diurapi, dibungkus kain dan akhirnya dikuburkan.

Terakhir kali makam itu diperbaiki pada tahun 1810 setelah mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Pimpinan tim ahli yang terlibat proyek restorasi Antonia Moropoulou, mengatakan makam Yesus itu dalam kondisi stabil, tetapi membutuhkan perhatian setelah bertahun-tahun terkena air, mengalami kelembaban dan terdampak akibat asap lilin.

Struktur bangunan itu juga harus dilindungi dari risiko kerusakan gempa, katanya.

Proyek perbaikan diharapkan berlangsung antara delapan dan 12 bulan dan selama itu peziarah dapat terus mengunjungi situs tersebut, kata pejabat gereja.

Tiga denominasi telah berbagi dana untuk proyek restorasi ini, selain sumbangan dari Raja Abdullah dari Yordania.

Editor : Hila Japi
Sumber : BBC Indonesia