• News

  • Internasional

Hubungan Dua Negara Memanas, Arab Saudi Peringatkan Iran

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman
NBCnews
Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman

JENEWA, NETRALNEWS.COM - Kerajaan Arab Saudi menitipkan pesan kepada presiden Iran melalui pemimpin negara lain di tengah memanasnya hubungan antara kedua negara yang bermusuhan di kawasan tersebut.

"Pesan dari Arab Saudi untuk (Presiden Iran) Hassan Rouhani dari pemimpin sejumlah negara," kata juru bicara Ali Rabiei, pada Senin (30/9/2019) menurut Kantor Berita ILNA. 

Menurut juru bicara pemerintah Iran, "Jika Arab Saudi benar-benar menginginkan sekali perubahan sikap, Iran menyambut hal itu," tambahnya.

Rabiei tidak memberikan informasi apa pun tentang isi pesan tersebut.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memperingatkan saat wawancara yang disiarkan pada Minggu bahwa harga minyak dapat melambung ke "angka tinggi yang tak terbayangkan" jika dunia tidak bersama-sama mencegah Iran, namun mengatakan ia lebih memilih solusi politik ketimbang militer.

Arab Saudi menyalahkan Iran atas serangan di dua fasilitas minyak kerajaan pada 14 September, tuduhan yang dibantah Teheran.

Secara terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan bahwa Iran siap menggelar pembicaraan dengan sejumlah negara lain, terutama Uni Emirat Arab (UAE), musuh kawasan.

"Kami siap menggelar pembicaraan dengan negara-negara lain, apalagi dengan Emirat, secara berkelompok maupun terpisah dan menyelesaikan kesalahpahaman," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi saat jumpa pers, menurut situs kementerian.

Editor : Nazaruli