• News

  • Internasional

Ini Lima Pimpinan Dunia dengan Jumlah Pengikut Terbanyak di Twitter

Logo Twitter
The New York Time
Logo Twitter

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Media sosial bukan lagi hal asing bagi masyarakat dunia, terbukti dari banyaknya pengguna yang memanfaatkannya. Salah satu platform/ media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah Twitter.

Tidak hanya selebriti yang memiliki banyak pengikut di media sosial, para pemimpin dunia juga mengalami hal sama, khususnya Twitter

Bagi para pemimpin dunia, aplikasi berlogo burung biru itu merupakan corong yang efektif untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Twitter telah menjadi wadah bagi pemimpin dunia untuk langsung mengabarkan apa yang hendak mereka sampaikan pada masyarakat.

Berikut lima pimpinan dunia yang memiliki pengikut terbanyak di Twitter, seperti yang dikutip dari DW

1. Donald Trump (65,4 Juta)

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump menjadi pemimpin dunia dengan jumlah pengikut terbanyak. Saat ini, dia memiliki 65,4 juta pengikut dan sudah melontarkan 45 ribu kicauan melalui akun @realDonaldTrump. Ia memang dikenal sangat aktif di media sosial Twitter. Tidak jarang cuitannya dibahas oleh media-media AS karena dinilai kontroversial, apalagi di tengah isu pemakzulan dirinya saat ini.

2. Narendra Modi (50,6 Juta)

Perdana Menteri India Narendra Modi menjadi pemimpin dengan jumlah pengikut Twitter terbanyak kedua setelah Donald Trump. Saat ini, ia memiliki 50,6 juta pengikut dan sudah melontarkan 24,9 ribu cuitan melalui akunnya @narendramodi. Selain untuk membagikan pendapatnya, pemimpin berusia 68 tahun ini juga kerap menggunakan Twitter untuk membagikan update terkait aktivitasnya sehari-hari.

3. Paus Fransiskus (18,1 Juta)

Pemimpin gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 18,1 juta melalui akun resminya @Pontifex. Berbeda dengan Trump dan Modi, Paus Fransiskus yang lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio ini tidak terlalu aktif di Twitter. Sampai saat ini, ia hanya pernah melontarkan 2,152 cuitan saja dan mayoritas cuitannya berbicara hal keagamaan.

4. Recep Tayyip Erdoğan (14,1 Juta)

Presiden Turki ini memiliki 14,1 juta pengikut dan sudah melontarkan sebanyak sekitar 6000 cuitan sejak bergabung 2009 lalu. Sama seperti pemimpin dunia lainnya, Erdoğan juga kerap menggunakan akun resmi miliknya yang bernama @RTErdogan untuk membagikan video keterangan pers dan aktivitas kenegaraan yang ia jalankan.

5. Joko Widodo (12,2 Juta)

Presiden RI Joko Widodo menjadi pemimpin dengan jumlah pengikut terbanyak kelima yaitu 12,2 Juta. Selain sebagai wadah membagikan pernyataan persnya terkait berbagai macam isu, @jokowi juga kerap membagikan aktivitas kepresidenan yang ia jalankan, dari kunjungan kenegaraan sampai kunjungan kerja di daerah. Twitter juga kerap dipakai Presiden membagikan kebersamaannya bersama sang cucu, Jan Ethes.

 

Editor : Sesmawati