• News

  • Internasional

Bandara Futuristik Shenzhen, Tiongkok Didesain Arsitek Italia

Airport baru di Shenzen, yaitu Shenzen Bao'an International Airport akan diresmikan Mei 2016
istimewa
Airport baru di Shenzen, yaitu Shenzen Bao'an International Airport akan diresmikan Mei 2016

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Airport baru di Shenzen, yaitu Shenzen Bao'an International Airport  didesain oleh arsitek Italia bernama Massimiliano dan Doriana Fuksas yag memenangi sayembara desain pada tahun 2008.

Luas airport ini 400.000 meter persegi yang menjadikan airport terbesar di Tiongkok selain Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Bandara baru ini telah dibuka untuk penerbangan internasional bulan Mei 2016.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (29/11/2013) pembangunan terminal baru di bandara ini menghabiskan biaya 8,5 miliar yuan (US$ 1,4 miliar) atau sekitar Rp 14 triliun untuk konstruksinya.

Biaya ini 3 kali lebih besar dari pembangunan  3 terminal  yang lama. Ada 76 slot pesawat di bandara tersebut. Atapnya yang terdiri dari kaca akan memberikan penyinaran alami dari matahari dan pemandangan alam di sekitarnya.

Bandara ini benar-benar indah, dan disebut bandara masa depan (futuristik). Untuk kenyamanan, belalai gajah pun dipasang melayani penumpang. Sebagian atapnya yang berbentuk seperti payung.

Seperti dikutip Netralnews.com sebelumnya dari Wikipedia, bandar Udara Internasional Bao'an Shenzhen sebelumnya bernama Bandar Udara Internasional Huangtian Shenzhen. Bandara ini  adalah bandar udara internasional yang terletak di Distrik Bao'an, 32 kilometre (20 mil) barat laut dari pusat Kota Shenzhen, Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok.

Bandara ini dibangun pada 12 Oktober 1991, dan merupakan salah satu dari tiga hub bandara terbesar yang melayani Tiongkok selatan, bersama Bandara Internasional Hong Kong dan Bandara Internasional Baiyun Guangzhou.

Bandara Bao'an menjadi pusat operasi untuk Shenzhen Airlines, dan sebuah kota fokus untuk China Southern Airlines. Bandara ini juga melayani sebagai pusat kargo Asia-Pasifik untuk UPS Airlines.

Saat ini, Bandara Bao'an memiliki tiga terminal: Terminal A dan B melayani penerbangan domestik ke kota-kota lainnya di Tiongkok daratan, Terminal D melayani penerbangan internasional ke kota-kota lainnya di dunia.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Berbagai sumber