• News

  • Kesehatan

Bahan-bahan Alami Ini Bantu Atasi Sariawan

Madu bekerja karena sifat antibakterinya. Madu mempertahankan kelembaban dan mencegah mulut Anda menjadi kering.
David Wolfe
Madu bekerja karena sifat antibakterinya. Madu mempertahankan kelembaban dan mencegah mulut Anda menjadi kering.

JAKARTA, NNC - Sariawan atau lesi yang sering muncul di bagian dalam pipi, bibir atau di dasar mulut memang membuat tidak nyaman dan terkadang menyakitkan. Sariawan dapat disebabkan karena sejumlah alasan seperti konstipasi, perubahan hormonal, keasaman, kekurangan vitamin B atau C, zat besi dan nutrisi lainnya.

"Mengobati penyakit ini adalah perlu mengetahui akar penyebabnya sehingga dapat membantu penyembuhan sariawan dengan cepat," ujar Dr Ashutosh Gautam, seperti dilansir dari laman NDTV, Jumat (17/2/2018).

Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda mengatasi sariawan, seperti saran Dr Gautam:

1. Madu

Madu bekerja karena sifat antibakterinya. Madu mempertahankan kelembaban dan mencegah mulut Anda menjadi kering. Madu juga mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru. Dr Gautam menyarankan agar Anda mengoleskan madu ke sariawan.

Anda juga dapat mencampur madu dengan bubuk amla atau juga dengan mencampur sejumput kunyit dan madu, kemudian dioleskan secara lembut ke sariawan.

2. Bubuk Akar Manis

Sariawan juga dapat disebabkan karena gangguan perut. Akar manis (mulethi) dapat membantu Anda membersihkan perut dan menghilangkan racun yang menjadi penyebab sariawan. Paling baik jika bubuk akar manis dikonsumsi dengan air atau madu.

3. Triphala

Dalam pengobatan tradisional India, Ayurveda, Triphala terdiri dari tiga buah India yakni Amalaki, Bibhitaki dan Haritaki. Ahli Ayurveda, Dr Meenakshi Sharma menyarankan agar mencampurkan 1/2 sendok teh bubuk Triphala dengan air, rebus, lalu berkumurlah sekali sehari. Saat berkumur, tahan di mulut Anda selama 1-2 menit.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat peradangan alami. Meski saat dioleskan menimbulkan rasa pedih di sariawan Anda, namun Anda perlu mengulang beberapa kali dalam sehari. Hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan juga dapat meredakan rasa sakit akibat sariawan.

5. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi alami sehingga meminum jus lidah buaya dapat menyembuhkan gangguan perut yang mendorong terjadinya sariawan dan mengurangi sekresi asam.

6. Kemangi

Kemangi sudah dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan mulut. Konsumsi secara rutin daun kemangi atau Anda dapat merebusnya dan menggunakan air rebusan daun kemangi untuk berkumur dua atau tiga kali dalam sehari.

Sariawan biasanya hilang dalam satu atau dua minggu. Namun, jika sariawan bertambah besar dan menyakitkan Anda maka Anda harus menemui dokter.

"Dalam banyak kasus, sariawan mungkin disebabkan karena beberapa ketidakseimbangan dalam perut atau usus. Anda harus banyak minum untuk membersihkan perut. Anda juga dapat menambahkan yogurt karena membantu meningkatkan flora usus Anda. Minum segelas susu juga baik untuk membantu dalam mengatur fungsi perut dan pencernaan," saran dr Meenakshi.

Editor : Lince Eppang