• News

  • Kesehatan

Ini Bahayanya Gunakan Albothyl

BPOM sudah melarang penggunaan Albothyl.
Herba;
BPOM sudah melarang penggunaan Albothyl.

JAKARTA, NNC – Ramai dibicarakan terkait penggunaan albothyl, mengapa terjadi pro dan kontra terhadap obat tersebut? Kandungan aktif obat albothyl berfungsi untuk membuat sel nekrosis (sel sel tubuh mati). Jadi bukan menyembuhkan, tapi dibuat mati. Sudah banyak korban yang menggunakan albothyl dan mengalami kanker oral/lidah.

Dokter Gigi Aswita SpPM menjelaskan albothyl berisi policresulent cara kerjanya mirip hidrogen peroksida pakai onasen utk membersihkan luka atau debridement.  Di luar negri, penggunaan albothyl hanya untuk hewan dan bukan manusia. Sayangnya belum ditarik dari penjualan bebas di Indonesia.

Membantu proses neutrofil dan monosit di fase inflamasi. Sebaiknya dipakai hanya pada hr ke 1-3 krn membantu fase inflamasi akut Setelah hari ke 4, sebaiknya diganti dengan yang mempercepat penyembuhan luka seperti aloclair atau oxyfresh.
Menurut Aswita pada hari ke-4 masuk fase proliferasi dimana makrofag akan meningkatkan growth faktor dan sitokin untuk membentuk kolagen, fibroblas dan neovaskuler selanjutnya terjadi ekstraseluler matrix atau ECM.

“Nah kalau albothyl masih digunakan sesudah hr ke-4 maka akan mengganggu fase proliferasi sehingga pembentukan ECM akan terganggu sehingga luka sulit menutup,” ujar Aswita, Kamis (15/2/2018).

Dia menambahkan luka yang terbuka memberikan kesempatan pada mikroorganisme terutama virus untuk memodifikasi dna sehingga memicu keganasan. Kondisi luka terbuka dengan fase inflamasi yang lama tidak baik untuk pasien dengan imunokompromised seperti pasien tua, hiv. Sel-sel imun sibuk untuk memperbaiki penyakit sistemiknya sehingga luka sulit sembuh.

Editor : Sulha Handayani