• News

  • Kesehatan

Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Awas Kanker Rongga Mulut

Sariawan
aladokter
Sariawan

JAKARTA, NNC - Apakah Anda alami sariawan yang tak kunjung sembuh?. Jika ya, Anda harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter. Pasalnya sariawan yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi salah satu gejala dari kanker rongga mulut.

Seperti namanya, kanker rongga mulut terjadi di area rongga mulut. Selain sariawan yang tidak kunjung sembuh, gejala lain adalah luka di rongga mulut yang tidak kunjung sembuh, perdarahan abnormal dan lidah yang kebas.

"Apabila gigi rusak ke dokter. Bila sariawan selama dua minggu tak kunjung sembuh, segera obati ke dokter karena bisa jadi gejala kanker rongga mulut," kata dr Diani Kartini SpB(K)Onk dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), baru-baru ini di Jakarta.

Tidak hanya kanker rongga mulut, kata dr Diani, gigi yang tajam dan kerap melukai lidah sehingga sebabkan sariawan juga bisa berisiko kanker lidah. Hal ini bisa terjadi karena gigi yang teriritasi mengakibatkan luka terus menerus, sehingga disarankan bila alami karies gigi untuk lakukan pemeriksaan ke dokter.

Untuk diketahui, kanker rongga mulut dan kanker lidah merupakan salah satu dari kanker kepala leher. Kanker kepala leher adalah keganasan yang ditemukan pada mata, rongga mulut, faring, laring, sinus, tiroid, kelenjar saliva dan lain-lain. Adapun tipe kanker kepala leher yang paling banyak terjadi adalah tipe Karsinoma Sel Skuamosa (KSS).

Lebih lanjut dr Diani katakan, kanker kepala leher menjadi kanker terbanyak ke-6 di dunia. Kejadian kanker kepala leher ini juga banyak terjadi pada laki-laki dibanding perempuan. Tercatat ada sebanyak 690.000 kasus kanker kepala leher baru per tahun, dengan 380.000 kematian tiap tahunnya.

"Kadang sudah hidup sehat, bisa juga terkena kanker. Pasalnya asa faktor x dan perubahan gen. Jadi kejadian kanker masih jadi tanda tanya besar," kata dr Diani.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wulandari Saptono