• News

  • Kesra

Siarkan Gerhana Secara Langsung, Panasonic Siapkan "Power Supply Container"

Ilustrasi Power Supply Container
Istimewa
Ilustrasi Power Supply Container

TERNATE, NETRALNEWS - Gerhana matahari total akan menyebabkan pagi hari jadi gelap gulita pada tanggal 9 Maret mendatang.

untuk itu, Panasonic akan fasilitasi siaran langsung terjadinya fenomena alam langka yang diprediksi akan berlangsung kurang lebih selama 4 menit langsung dari Ternate, di Indonesia bagian timur.

Siaran langsung tersebut akan menggunakan fasilitas Power Supply Container dari Panasonic, bangunan khusus yang beroperasi sebagai penunjang daya listrik tenaga surya.

Dalam pernyataan resmi yang diperleh Netralnews.com, Kamis (25/2/2016), Panasonic akan membawa Power Supply akan dibawa langsung dari Jakarta menuju Dodoku Ali, Ternate

Sebanyak 12 unit modul tenaga matahari Panasonic HIT® dengan efisiensi konversi tinggi akan menghasilkan 3kW listrik dengan cara menyerap energi yang dapat diperbaharui dari bagian atas bangunan.

Energi tersebut akan diserap dan disimpan pada 24 unit baterai penyimpanan built-in yang terbuat dari timbal-asam. Daya yang tersimpan mampu mengoperasikan kamera Panasonic LUMIX GH4 yang disambungkan dengan teleskop yang digunakan untuk mengabadikan momen spektakuler ini.

Komputer portabel, alat-alat produksi dan editing, koneksi internet dan teknologi pendukung lainnya juga akan disuplai dengan pemanfaatan energi matahari.

Siaran langsung fenomena gerhana matahari akan dimulai pada 05.00 pagi tanggal 9 Maret 2016 di Ternate (08.00 pm UTC) dan dapat disaksikan melalui beberapa platform digital media seperti Ustream, Youtube Live, Periscope.

Siaran ini merupakan kali ketiga Panasonic menyiarkan fenomena gerhana matahari secara langsung.

Berbeda dengan proses penyiaran sebelumnya dimana waktu dan tenaga perlu didedikasikan khusus untuk memasang modul tenaga cahaya matahari HIT® di lokasi.

Proses persiapan kali ini memberikan kenyamanan yang lebih besar mengingat fasilitas Power Supply Container dapat dipindahkan dengan mudah dan dapat dipasang secara lebih cepat dan sederhana dengan jumlah pekerjaan konstruksi yang minimal.

Sebelum proyek siaran langsung dari Ternate ini, Panasonic telah mengembangkan dan memperkenalkan Power Supply Container ke berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Fasilitas bangunan Power Supply Container yang pertama telah dipasang pada bulan Juli 2014 di SD Negeri Karimunjawa 01 yang terletak di daerah kepulauan terpencil Indonesia guna meningkatkan fasilitas lingkungan pendidikan bagi siswa dan guru.

Penulis : Vito Adhityahadi
Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : PR