• News

  • Kesra

Halal Bihalal Warga Lampung Pererat Persaudaraan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

BANDARLAMPUNG, NETRALNEWS.COM - Sebagian warga Kota Bandarlampung menggelar halal bihalal guna mempererat tali persaudaraan di antara mereka.

Muchsin Ridjan, tokoh masyarakat Durian Payung, Bandarlampung, Jumat (8/7/2016(, mengatakan bahwa Lebaran dijadikan momen untuk mempererat tali persaudaraan antara sanak saudara, kerabat, dan warga dengan saling bersilaturahim.

"Kami memiliki paguyuban keluarga besar bernama Djaro Buang, dengan jumlah sekitar 200 kepala keluarga," ujarnya.

Ia menyebutkan, setiap tahun keluarga besar Djaro Buang menggelar acara halalbihalal lebaran untuk mempererat tali silaturahim dan berkumpul bersama sanak saudara.

Apalagi, lanjutnya, sejumlah keluarga berada atau bekerja di luar Lampung dan sebagian besar diantara mereka pulang kampung untuk merayakan Lebaran.

"Kumpul seperti sekarang biasanya hanya saat lebaran saja sehingga momentum yang langka ini harus kita manfaatkan guna menjaga tali silatuharim antarsesama keluarga," ujar dia.

Mantan Ketua Yayasan Djaro Buang itu juga mengatakan bahwa silaturahim dalam bermasyarakat harus terus dilestarikan sehingga persatuan dan persaudaraan akan terjalin harmonis tanpa adanya permusuhan.

"Rugi sekali kalau kita sesama keluarga yang berada di Bandarlampung tidak dapat saling berkumpul dan bersilaturahim, karena sebagian keluarga yang berada di luar kota ini datang untuk berkumpul bersama," kata dia.

Ia berharap kegiatan halal bihalal ini dapat dijadikan wadah atau sarana untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi dengan seluruh keluarga dan masyarakat.

Sebelumnya, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo juga menggelar halalbihalal (open house) di kediamannya Mahan Agung Bandarlampung, Rabu (6/7).

Menurutya, Provinsi Lampung akan menjadi semakin baik apabila semua masyarakat dapat saling bersatu yang salah satunya dilakukan dengan memperbanyak silaturahim.

Selain Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basridan pejabat daerah setempat. Hadir pada acara itu berbagai umat lintas agama, seperti Uskup Lampung dan para biarawati, para Biksu, dan pengurus PHDI Umat Hindu Lampung.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara