• News

  • Kesra

Bocah Disiksa Orang Tua yang Viral di Medsos Tak Miliki Akta Kelahiran dan KK

Bocah disiksa orang tua yang viral di Medsos.
Sebar
Bocah disiksa orang tua yang viral di Medsos.

JAKARTA, NNC - Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan penjangkauan dan memberikan perlindungan terhadap anak berinisial MS (10) asal Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu yang viral di media sosial karena menjadi korban kekerasan ibu kandung dan ayah tirinya hingga mengalami luka-luka.

Kasus ini terjadi pada awal Mei 2018 di Desa Karang Dapo Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma. Pelakunya adalah ibu kandung korban berinisial M (25) dan ayah tiri korban berinisial B (48).

Direktur Rehabilitasi Anak Nahar mengatakan Kemensos lewat tim di lapangan saat ini sedang mengupayakan akses pada pembuatan akta lahir korban beserta adik korban yang berusia dua tahun. Orang tua korban yang juga tersangka diketahui tidak memiliki Kartu Keluarga (KK).

"Saat ini Dinsos sedang berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil. Adik korban sudah mendapatkan keluarga asuh," kata Nahar, seperti keterangan tertulis yang NNC terima dari Humas Kemensos, Senin (21/5/2018).

Nahar mengatakan Kemensos akan mengupayakan keluarga asuh dua anak tersebut sebagai penerima manfaat Tabungan Sosial Anak (TASA) 2018, atau bantuan sosial lainnya yang terus dikoordinasikan.

"Proses pengurusan bantuan tengah berjalan namun tetap yang menjadi fokus utama adalah memulihkan trauma korban," kata Nahar.
 
Sebagai upaya jangka panjang, lanjutnya, direkomendasikan kepada Kabupaten Seluma untuk membuat Shelter Rumah Aman Anak yang diakomodir dengan anggaran daerah tersebut.

“Ke depannya kami berharap kasus semacam MS tidak terjadi di wilayah lain dan. Anak-anak harus mendapatkan kasih sayang keluarga, dapat tumbuh dengan baik serta mendapat asupan gizi yang cukup,” kata Nahar.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani