• News

  • Kesra

Kemensos Targetkan Hingga Akhir 2017, 10 Juta Penerima PKH

Hinggal akhir 2017 Kemensos targetkan 10 juta penerima PKH.
Hinggal akhir 2017 Kemensos targetkan 10 juta penerima PKH.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Sosial RI menargetkan 10 juta keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan pada 2018 dalam rangka mengurangi angka kemiskinan.

Sekjen Kementerian Sosial (Kemsos) DR Harry Soeratin saat penyerahan bantuan PKH di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, DIY, mengatakan pada 2018, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) baru sekitar 6 juta kepala keluarga (KK).

"Secara nasional, kami targetkan penerima manfaat dari PKH sebanyak 10 juta pada tahun depan," kata Harry, dalam siaran persnya, Selasa (15/08/2017).

Dia mengatakan meski ada kenaikan tetapi bukan berati ada peningkatan kemiskinan. Peningkatan penerima PKH ini karena ada beberapa yang belum terdata, sehingga setelah pendataan akan meningkat. "Diharapkan mampu mengurangi kemiskinan," ujar Harry.

Harry mengatakan strategi penanggulangan kemiskinan menekankan pada peningkatan sumber daya manusia, serta meningkatkan kerja sama lintas program dan kesejahteraan lewat penghidupan berkelanjutan. Salah satunya program PKH."PKH diharapkan memberikan kontribusi penurunan angka kemiskinan lima hingga enam persen pada 2019."

PKH di Gunung Kidul menyasar 60.734 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana Rp114.787.260.000. Penyalurannya kini secara langsung ke rekening penerima bantuan untuk mengurangi penyimpangan.

Kementerian Sosial berharap peserta PKH juga mendapatkan program bantuan sosial lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), kelompok usaha bersama (KUBE), usaha ekonomi produktif, Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) maupun program subsidi energi.

Editor : Sulha Handayani