• News

  • Kuliner

Loyang Bambu Perpanjang Masa Simpan Brownies

Brownies ternyata bagus jika menggunakan loyang ruas bambu
dok.Today Show
Brownies ternyata bagus jika menggunakan loyang ruas bambu

JAKARTA, NNC - Pada dasarnya Brownies adalah Cake Cokelat yang diolah dengan cara dipanggang. Memiliki tekstur padat dan agak basah di bagian cake-nya. Bahan bakunya pun terbilang  sederhana. Yakni telur, mentega, gula, tepung terigu, coklat bubuk dan dark cooking chocolate atau coklat masak pekat. 

Penggunaan jenis coklat masak pun bisa mempengaruhi rasa Brownies yang tercipta. Alangkah lebih baik menggunakan cokelat masak jenis coverture karena akan menghasilkan cita rasa coklat yang lebih pekat.  

Proses pembuatan Brownies juga dapat dikatakan sangat mudah, bahkan tanpa menggunakan mixer pun dapat menghasilkan brownies yang lezat. Cukup mengocok telur dan gula pasir menggunakan balloon whisk hingga pucat. 

Kemudian ditambahkan campuran tepung terigu, coklat bubuk dan sedikit baking powder yang sudah di ayak. Lalu diaduk perlahan menggunakan spatula. Setelah itu, campuran mentega dan dark cooking chocolate yang telah dilelehkan, turut dimasukkan ke dalam adonan telur. 

Selanjutnya, adonan dituang ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti serta diolesi mentega. Selanjutnya dipanggang dalam oven pansa bersuhu 180 ° Celsius selama ± 40 menit hingga matang.

Dari segi pengolahannya, diungkapkan Ucu Sawitri, Pastry Chef, biasanya Brownies dipanggang dengan loyang yang berbahan alumunium ataupun stainless steel. Namun kini, terdapat pelaku usaha menggunakan loyang yang tak lazim seperti menggunakan ruas bambu sebagai loyang untuk memanggang Brownies

Penggunaan ruas bambu sebagai Loyang, kata Chef Ucu, sebenarnya memiliki kegunaan khusus dan tidak hanya sebagai pembeda tampilan saja. Bila dikaji, loyang berbahan dasar ruas bambu ini mengadopsi wadah dalam pembuatan lemang. Yang merupakan olahan khas Sumatera Barat dengan teknik dibakar. 

Selain sebagai loyang, penggunaan ruas bambu ini memiliki manfaat lain yakni sebagai pengawet alami. Hanya saja proses pemanggangan Brownies menggunakan ruas bambu memakan waktu lebih lama dari pada menggunakan loyang biasa. 

Loyang berbahan dasar ruas bambu juga memiliki sifat yang aman bagi kesehatan karena berasal dari alam dan tidak mengandung bahan logam. Cukup dengan memberikan alas berupa kertas roti, loyang berbahan dasar ruas bambu pun dapat digunakan berulang kali. 

Loyang dari ruas bambu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk packaging. Loyang dari ruas bambu ini juga tergolong mudah ditemui dan memiliki harga yang relatif terjangkau.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya