• News

  • Kuliner

Begini Cara Sederhana Membuat Oncom

Oncom  makanan asli Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi. (Dok:Bloggierinz)
Oncom makanan asli Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi. (Dok:Bloggierinz)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Oncom merupakan bahan makanan asli Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi ragi oncom, yang menghasilkan kapang jenis neurospora. 

Pada pembuatannya, oncom terbebas dari bahan kimia apapun, sehingga aman dikonsumsi. Kandungan gizi yang terdapoat di dalam oncom juga tak kalah dengan tahu atau tempe. Karena itu, dapat menjadi sumber gizi alternatif dengan harga yang murah meriah. 

Bahan makanan satu ini, awalnya hanya populer di wilayah Jawa Barat. Namun kini hampir semua masyarakat Indonesia mengenal oncom. Tertarik untuk membuat oncom? 

Diungkapkan Yati Setiyati, seorang dosen tata boga, proses pembuatan oncom sangat sederhana sekali. pertama-tama siapkan bahan-bahan utama yang berkualitas baik, berupa bungkil tahu atau ampas dari perasan kacang kedelai yang berwarna putih bersih. 

Ampas bisa didapat dari pabrik tahu ataupun ampas pembuatan susu kedelai. Ampas kedelai ini sebisa mungkin harus dipilih yang masih segar dan tidak berbau asam, karena bau asam tersebut menandakan bahwa media ampas tersebut sudah pasti tercemar dengan mikroba perusak. 

Media pembuatan, baik peralatan, ruangan mauapun tangan harus selalu dalam keadaan bersih ketika membuat oncom. Hal tersebut juga bertujuan untuk mencegah tumbuhnya mikroba perusak. 

Demikian pula untuk bahan utama yang diambil dari pabrik tahu. Sebaiknya ampas dicuci dibawah air mengalir, untuk menghilangkan kotoran yang mungkin mengendap di dalamnya. Setelah itu ditiriskan hingga airnya berkurang.

Setelah ampas kacang kedelai tersedia, kemudian siapkan ragi oncom instan yang bisa didapat dari koperasi tempe. Bisa juga dibuat dari oncom segar yang dipotong kecil, lalu dijemur hingga mengering. Selanjutnya dihaluskan hingga menjadi bubuk.

Tahap awal pembuatan oncom dimulai dengan mengukus ampas kedelai selama 3 jam hingga lembut, tutup pengukus juga harus ditutup agar uap air tidak banyak menetes. 

Ampas kemudian didinginkan, setelah itu dituang ke dalam cetakan yang terbuat dari bamboo. Lalu ditaburi ragi oncom atau bubuk oncom yang telah disiapkan. Kemudian disusun di dalam rak bersuhu ruang yang hangat selama 2 hari, agar spora tumbuh sempurna.

Jika pembuatan berhasil, maka seluruh permukaan oncom terlihat berwarna merah jingga seutuhnya tanpa ada bercak hitam, karena hal tersebut menunjukkan bahwa tumbuhnya kapang perusak atau alfatoksin yang bisa menyebabkan keracunan. Selain itu tekstur oncom juga terlihat segar dan tidak berbau tengik.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani